Rabu, 11 Januari 2012

RPP Bagian Tumbuhan Kelas 2

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
PENDEKATAN TEMATIK MODEL CTL
 
Nama Sekolah       : SD Negeri 02 Ngijo
Tema                      : Lingkungan
Kelas/Semester      : II / 1
Alokasi Waktu      : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari/Tanggal         : Selasa, 22 Nopember 2011

A. Standar Kompetensi:
1. IPA
1. Mengenal bagian- bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan sertaberbagai tempat hidup mahluk hidup.       
2. PKn
         2. Menampilkan sikap cinta lingkungan
3. Seni Budaya dan Keterampilan
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

B. Kompetensi Dasar 
 1. IPA
1.1 Mengenal bagian- bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.      
2. PKn
         2.2  Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.
3. Seni Budaya dan Keterampilan
     2.1  mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif.
.        
C. Indikator
1. IPA
·         Kognitif
a.    Proses      : Mengidentifikasi bagian- bagian tubuh tumbuhan.
b.   Produk     : Menyebutkan bagian- bagian tubuh tumbuhan.
·      Afektif
Mengisi tabel kegunaan bagian- bagian tubuh tumbuhan.
·         Psikomotor
Menggambar macam- macam tumbuhan yang disetai keterangan bagian tubuh tumbuhan.
2. PKn
·         Kognitif
Menjelaskan cara memelihara dan menjaga tumbuhan di sekitar sekolah.
·         Afektif
Membiasakan memelihara lingkungan alam sekitar.
·         Psikomotor
Menyiram tanaman di sekolah.
3.  Seni Budaya dan Keterampilan
·         Kognitif
Menyebutkan macam- macam tumbuhan yang terdapat di lingkungan sekolah.
·         Afektif
Memilah tumbuhan yang mudah digambar dan sulit digambar.
·         Psikomotor
Mengambar tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar.

D. Tujuan Pembelajaran
1.   Melalui tanya jawab dengan guru, siswa  dapat mengidentifikasi bagian- bagian tumbuhan dengan benar.
2.   Melalui pengamatan terhadap bermacam tumbuhan yang dibawa oleh guru, siswa dapat menyebutkan bagian- bagian tumbuhan dengan benar.
3.   Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan beraneka tumbuhan yang terdapat di sekitar mereka dengan benar.
4.   Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengisi LKS tentang kegunaan bagian tubuh tumbuhan dengan benar.
5.   Melalui LKS, siswa dapat menjelaskan kegunaan bagian tubuh tumbuhan dengan benar.
6.   Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan benar.
7.   Melalui penugasan pengisian lembar diskusi di halaman sekolah, siswa dapat mengambar tumbuhan yang disertai keterangan bagian tubuh tumbuhan dengan benar.
8.   Melalui pengamatan lingkungan sekitar, siswa mau membiasakan diri memelihara lingkungan di sekitar sekolah dengan senang hati.
9.   Melalui penugasan pemeliharaan lingkungan alam, siswa mau menyiram tumbuhan di halaman sekolah dengan senang hati.

E. Dampak Pengiring
      Setelah pembelajaran tentang bagian utama tumbuhan selesai, diharapkan siswa dapat mengetahui kegunaan dari masing- masing bagian tumbuhan disekitar lingkungan mereka serta mau memeliharanya.




F. Materi Ajar  ( Materi Pokok )
1.     
PKn
Pemeliharaan Lingkungan  Alam
  Jaring Laba-laba
IPA
Bagian Tumbuhan dan Kegunaannya

Lingkungan
SBK
Mengambar ekspresif
 







  
.
2.      Pengembangan Materi
·         IPA
-      Bagian- bagian Tumbuhan

Daun                                  Buah               Bunga                                                                                                                                                                                                                                               
               Akar        Batang 
a.        
b.       
a.    Daun,
§  Daun berguna untuk membuat makanan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan
§  Macam- macam bentuk daun
b.   Batang
§  Batang berguna untuk menopang tubuh tumbuhan.
§  Macam- macam batang
                            
c.    Bunga
§  Bunga berguna untuk perkembangbiakan,
§  Macam- macam bunga
d.   Buah
§  Buah berguna untuk melindungi biji.
e.    Biji
§  Biji berguna untuk perkembangbiakan
f.    Akar
§  Akar berguna untuk menyerap air dan sari makanan dari tanah
§  Akar ada dua yaitu, akar tunggang dan akar serabut.
·      PKn
-      Cara Memelihara Lingkungan Alam
a.    Tidak menebang sembarangan
b.   Menyiram
c.    Memupuk
·      Seni Budaya dan Keterampilan
-      Gambar Ekspresif, merupakan gambar yang bias dibuat dari lingkungan sekitar. Bisa berupa tumbuhan maupun hewan.

G. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Tematik
2.      Model Pembelajaran CTL
3.      Metode Pembelajaran 
a.    Ceramah bervariasi
b.   Pengamatan
c.    Diskusi kelompok
d.   Penugasan




H. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Belajar Mengajar
Nilai Karakter



1
Pendahuluan (motivasi, apersepsi, kompetensi),
± 10 menit

·      Siswa berdoa, dilanjutkan guru mengabsen kehadiran siswa.
·      Guru memastikan kesiapan siswa mengikuti pelajaran.
·      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”
·   Religius

·   Percaya Diri
2
Kegiatan Inti (uraian, contoh, latihan), ± 35 menit



a.       Eksplorasi







b.      Elaborasi




















c.       Konfirmasi
·         Guru bersama siswa menghubungkan apersepsi dengan materi yang akan dibahas.
·         Guru bertanya jawab dengan siswa tentang lingkungan sekitar sekolah.
·         Siswa mengamati tumbuhan yang dibawa oleh guru.
·         Guru membimbing siswa membuat kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa.

·         Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tumbuhan yang dibawa oleh guru.
·         Setelah mengamati tumbuhan yang dibawa guru, siswa mengidentifikasi bagian- bagian tumbuhan.
·         Siswa menyebutkan bagian- bagian tumbuhan.
·         siswa menyebutkan beraneka tumbuhan yang terdapat di sekitar mereka.
·         Siswa berdiskusi dengan kelompoknya,
·         Siswa mengisi LKS secara berkelompok tentang kegunaan bagian tubuh tumbuhan
·         siswa menjelaskan kegunaan bagian tubuh tumbuhan dengan benar.
·         siswa menjelaskan cara merawat tumbuhan.
·         Siswa mengamati lingkungan dihalaman sekolah.
·         siswa mengambar tumbuhan yang ada di halaman sekolah disertai keterangan bagian tubuh tumbuhan di lembar diskusi.
·         siswa membiasakan diri memelihara lingkungan di sekitar sekolah dengan senang hati.
·         siswa menyiram tumbuhan di halaman sekolah dengan senang hati

·            Guru memberi umpan balik tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·            Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari diskusi kelompok yang dilakukan.
·            Guru bersama siswa bertanya jawab tentang kesalahan pemahaman tiap materi, dan  memberikan penguatan
·  Toleransi

·     Kejujuran
·     ketelitian


·     Kesabaran

·      Teliti


·     Tekun

·     Kerjasama




·   Ketelitian
·   Ketekunan
·   Keingintahuan



·         Toleransi
·         Tanggung jawab




·      Kejujuran





3
Penutup(ringkasan, penilaian, tindak lanjut), ± 25 menit
·        Guru bersama siswa membuat kesimpulan pembelajaran
·        Guru memberikan penghargaan bagi kelompok yang aktif dan benar di papan skor.
·        Guru membagikan lembar penilaian
·        Guru memberikan tugas dan pesan moral

·      Toleransi

I. Buku Sumber dan Alat Peraga
·         Buku Sumber :
1.   KTSP
2.   Muharam, Aris, dkk. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas II SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (Halaman 15- 19)
3.   Mustoha, Amin, dkk.. 2008.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI kelas 2.Jakarta: Pusbuk Depdiknas.
4.   Sidi, Purnomo, dkk. 2008. IPA 2 untuk SD/MI Kelas 2. Jakarta: Bse .

·         Alat Peraga:
1. Lagu Arah “Lihat Kebunku”
2. Tumbuhan- tumbuhan sekitar rumah
3.Macam- macam daun
4. Papan skor

J. Penilaian
1.      Prosedur Tes   :  proses dan akhir
2.      Jenis Tes          : lisan dan tertulis
3.      Teknik Tes       : Tes dan Non Tes ( Pengamatan)
4.      Bentuk Tes      : uraian
5.      Alat Tes           : LKS, soal, kunci jawaban, kriteria penilaian, kisi-kisi soal   







Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 02 Ngijo



    Elkana Margito, S.Pd
NIP 19550224 197501 1 002
Surakarta, 22 Nopember 2011

Pratikan



       Iis Lestari
NIM X7110019




















LAMPIRAN


















Pengembangan Materi
·         IPA
-      Bagian- bagian Tumbuhan

Daun                                  Buah               Bunga                                                                                                                                                                                                                                               
               Akar        Batang 
c.        
d.       
a.       Daun,
§  Daun berguna untuk membuat makanan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan
§  Macam- macam bentuk daun
b.   Batang
§  Batang berguna untuk menopang tubuh tumbuhan.
§  Macam- macam batang
                            
c.    Bunga
§  Bunga berguna untuk perkembangbiakan,
§  Macam- macam bunga
d.   Buah
§  Buah berguna untuk melindungi biji.
e.    Biji
§  Biji berguna untuk perkembangbiakan
f.    Akar
§  Akar berguna untuk menyerap air dan sari makanan dari tanah
§  Akar ada dua yaitu, akar tunggang dan akar serabut.
·      PKn
-      Cara Memelihara Lingkungan Alam
d.   Tidak menebang sembarangan
e.    Menyiram
f.    Memupuk
·      Seni Budaya dan Keterampilan
-      Gambar Ekspresif, merupakan gambar yang bias dibuat dari lingkungan sekitar. Bisa berupa tumbuhan maupun hewan.



























Alat Peraga

1.      Syair Lagu Lihat Kebunku
Lihat Kebunku
Lihat kebunku, penuh dengan bunga.                ada yang merah dan ada yang putih                    setiap hari kusiram semua                            mawar melati  semuanya indah
 





2.      Macam- macam tumbuhan dan dedauanan
             
3.      Tabel Kegunaan bagian tumbuhan
No
Nama Bagian Tubuh
Kegunaan
1
Daun

2
Batang

3
Akar

4
Buah

5
Biji

6
Bunga


4.      Papan Skor
PAPAN SKOR
Nama Kelompok
Skor
ANGGUR
MELON
RAMBUTAN


PEPAYA

LEMBAR KERJA SISWA

Sekolah                 : SD Negeri 02 Ngijo
Kelas/ semester    :  II/ I
Tema                    :  IPA/ Lingkungan

I.                   Tujuan
Siswa dapat mengetahui kegunaan dari bagian tubuh tumbuhan.

II.                Petunjuk
1.      Berdiskusilah dengan kelompokmu yang anggotanya terdiri dari 4-5siswa.
2.      Perhatikan tumbuhan yang dibagikan pada tiap kelompokmu
3.      Bacalah petunjuk- petunjuk yang ada pada setiap soal.
4.      Tulislah bagian tumbuhan dan cari kegunaan dari bagian tubuh tumbuhan tersebut.
III.             Lembar Hasil Diskusi
No
Nama Bagian Tubuh
Kegunaan
1
Daun

2
Batang

3
Akar

4
Buah

5
Biji

6
Bunga


Nama Kelompok:
1.      …………….
2.      …………….
3.      …………….
4.      ……………..
5.      ……………..


      Paraf Guru: ….






LEMBAR DISKUSI
Sekolah                    : SD Negeri 02 Ngijo
Kelas/ Semester        : II/ I
Mata Pelajaran         : IPA

       I. Tujuan
Siswa dapat mengetahui berbagai bagian tubuh tumbuhan yang berbeda- beda.

    II. Petunjuk
a.       Keluarlah ke halaman sekolahmu.
b.      Berdiskusilah dengan kelompokmu, dan amatilah lingkungan sekitarmu.
c.       Gambarlah 4 tumbuhan yang ada, lalu berilah keterangan setiap bagian tubuh tumbuhan tersebut.
d.      Isilah di tabel yang sudah di sediakan.

 III. Lembar Diskusi
No
Gambar
Nama Tumbuhan
Nama Bagian
Kegunaan
1




2




3




4






Nama Kelompok:
1.      …………..
2.      …………..
3.      …………..
4.      …………..

Paraf Guru: 









LEMBAR PENILAIAN
Sekolah                          : SDN 02 Ngijo
Mata Pelajaran/ Tema     : IPA/  Lingkungan
Kelas/ Semester              : II/ I

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Tulislah nama dari bagian tumbuhan dibawah ini!

                              

2.      Jelaskan kegunaan dari:
a.    Daun           :
b.   Bunga         :
c.    Buah           :
d.   Akar            :
e.    Batang        :
f.    Biji              :

3.      Gambarlah poho pisang yang disertai dengan keterangan bagian tubuh pohon pisang!
Jawab:








                        Nama               : …………..
                        No. absen        : …………
KUNCI JAWABAN

·           Lembar Kerja Siswa
No
Nama Bagian Tubuh
Kegunaan
1
Daun

2
Batang

3
Akar

4
Buah

5
Biji

6
Bunga


·            Lembar Diskusi
No
Gambar
Nama Tumbuhan
Nama Bagian
Kegunaan
1




2




3




4




Tergantung tumbuhan yang digambar siswa

·           Lembar Penilaian
1.       
2.      a. Daun      : untuk membuat makanan
b. Bunga    : untuk berkembang biak
c.    Buah     : untuk melindungi biji
d.   Akar      : menyerap air dan sari makanan
e.    Batang  : menopang tubuh tumbuhan
f.    Biji        : untuk berkembang biak

3.         


KRITERIA PENILAIAN

·         Lembar Kerja Siswa dan Lembar Diskusi
a.       Penilaian Proses Diskusi
No.
Indikator
Deskriptor
Skor
1.




Kerja sama




a.       Sangat bekerja sama
b.      Bekerja sama
c.       Cukup  bekerja sama
d.       Kurang bekerja sama
e.       Tidak bekerja sama
25
20
15
10
5
2.




Keaktifan




a.       Sangat   aktif
b.      Aktif
c.       Cukup  aktif
d.      Kurang  aktif
e.       Tidak aktif
25
20
15
10
5
3.
Partisipasi
a.       Sangat   berpartisipasi
b.      Berpartisipasi
c.       Cukup  berpartisipasi
d.      Kurang  berpartisipasi
e.       Tidak berpartisipasi
25
20
15
10
5
4
Keberanian bertanya
a.    Sangat berani
b.    Berani
c.    Cukup berani
d.    Kurang berani
e.    Tidak berani
25
20
15
10
5

b.      Penilaian Hasil
-         1 soal benar nilainya 100, jadi nilai maksimal: (6x 100) : 6 = 100
-         1 soal benar nilainya 25, jadi nilai maksimal: 4x 25 = 100

·         Lembar Penilaian
-         Nomer 1 benar nilainya 15
-         Nomer 2  benar nilainya 50
-         Nomer 3 benar nilainya 35, jadi total keseluruhan adalah (15+ 50+ 35) =


LEMBAR PENILAIAN HASIL
SD N 02 NGIJO
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1



2



3



4








































































LEMBAR PENILAIAN PROSES DISKUSI
SD NEGERI 02 NGIJO

No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Skor total
Keterangan
Kerjasama
Partisipasi
Keaktifan
Keberanian


1







2







3







dst
































































































































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar