RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
MODEL
JIGSAW
Disusun
Oleh :
Nama : Iis
Lestari
NIM :
X7110019
Program
/ Semester : S1 Transfer /
VII
Rencanan Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
Nama Sekolah : SD Negeri ...
Mapel/ Materi Pokok : IPA/ Adaptasi Tumbuhan
Kelas/Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 1 x
pertemuan (2 x
35 menit)
Hari/Tanggal : ...
A.
Standar
Kompetensi:
3.
Mengidentifikasi cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
B. Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri
tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
C. Indikator
· Kognitif
a. Produk :
§ menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri-ciri khususnya dalam menyesuaikan diri dengan
habitatnya.
§ menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri-ciri khususnya dalam menyesuaikan diri dari
musuhnya.
b.
Proses :
§ mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dengan habitatnya.
§ mengidentifikasi bentuk
adaptasi tumbuhan dari musuhnya.
· Afektif
Mengisi tabel bentuk adaptasi tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki.
·
Psikomotor
Mengambar tumbuhan disertai bentuk adaptasi dan ciri- ciri yang dimiliki.
D. Tujuan Pembelajaran
a.
Melalui pengamatan macam- macam
tumbuhan yang dibawa oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi
tumbuhan terhadap habitatnya dengan benar.
b.
Melalui diskusi kelompok, siswa
dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya dengan benar.
c.
Melalui media gambar macam- macam
tumbuhan siswa dapat menyebutkan 4 contoh tumbuhan dan ciri- ciri khususnya
beradaptasi terhadap habitatnya dengan benar.
d.
Melalui media gambar macam- macam
tumbuhan , siswa dapat menyebutkan 4 contoh tumbuhan dan ciri khusus yang
dimiliki untuk mempertahankan hidup dari musuhnya dengan benar.
e.
Melalui penugasan di LKS, siswa
dapat mengisi tabel bentuk adaptasi tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki menggunakan
kartu kata secara benar.
f.
Melalui penugasan tentang adaptasi
tumbuhan, siswa dapat mengambar macam-
macam tumbuhan disertai bentuk adaptasi dan ciri- ciri yang dimiliki dengan
benar.
E. Dampak Pengiring
Setelah
pembelajaran tentang adaptasi tumbuhan selesai, siswa diharapkan
mengetahui cara tumbuhan disekitar mereka mempertahankan diri baik di
habitatnya maupun dari musuhnya.
F. Materi
Ajar ( Materi Pokok )
Adaptasi Tumbuhan
1.
Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Habitatnya.
Habitat adalah tempat
tumbuhan hidup. Tumbuhan dapat hidup di tanah, air maupun gurun. Untuk
mempertahankan hidup di linkungannya tumbuhan perlu beradaptasi.
a.
Pohon Jati, mahoni, kedondong, mengugurkan daun.
b.
Kaktus, bentuk daun berupa duri, untuk mengurangi penguapan dan
batangnya untuk menyimpan air.
c.
Teratai, daunya lebar dan tipis untuk menangkap cahaya lebih banyak,
sehingga penguapanya semakin banyak.
d.
Kangkung, batang berongga agar dapat mengapung.
e.
Enceng gondok, punya rongga untuk mengapung dan bernafas.
2.
Cara Tumbuhan Melindungi Diri
Tumbuhan perlu melindungi diri dari
musuhnya untuk menjaga kelangsungan hidup dan kelestarian jenisnya. Tumbuhan
tidak bias lari seperti tubuhan, maka tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang berfungsi untuk melindungi diri agar dapat
hidup dan berkembang biak.
a.
Duri- duri yang tajam, seperti mawar, durian dan kaktus
b.
Bulu, seperti bambu, jelantang dan rotan
c.
Getah, seperti kamboja, nangka
d.
Rasa yang sepat atau pahit, seperti buah belimbing, jambu biji
e.
Bau tidak sedap, seperti bunga bangkai, kenanga
G. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran Jigsaw
2.
Metode Pembelajaran
a.
Ceramah bervariasi
b.
Diskusi kelompok
c.
Penugasan
d.
Pengamatan
H. Langkah-langkah pembelajaran :
No.
|
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
Nilai Karakter
|
1.
|
Kegiatan awal, ± 10 menit
|
||
Pendahuluan
|
a. Guru mengkondisikan siswa
untuk mengikuti proses pembelajaran.
b. Guru mengecek kesiapan
siswa, media, dan kelengkapan belajar.
|
disiplin
|
|
Motivasi
|
Guru memberikan tes penjajagan kepada siswa
|
keberanian
|
|
Apersepsi
|
Menyanyikan lagu “ Adaptasi” versi lagu “ Tamasya”
|
keberanian
|
|
kompetensi
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
|
perhatian
|
|
2.
|
Kegiatan inti, ± 35 menit
|
||
Eksplorasi
|
1) Siswa bersama guru mengkaitkan apersepsi dengan
pembelajaran.
2) Siswa mengamati beraneka
tumbuhan yang dibawa guru.
3) Siswa mengidentifikasi
bentuk adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya.
4) Siswa mengamati
media gambar macam- macam tumbuhan, dan menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan
ciri- ciri khususnya beradaptasi terhadap habitatnya.
5) Siswa menyebutkan
3 contoh tumbuhan dan ciri khusus yang dimiliki untuk mempertahankan hidup
dari musuhnya
|
Keberanian, percaya diri, teliti
|
|
Elaborasi
|
1) Guru membagi siswa ke
dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa, yang selanjutnya disebut
kelompok awal ( anggur, melon, rambutan, papaya dan manggis)
2) Guru membagikan nomer 1-
5 kepada kelompok awal.
3) Guru membagikan lembar
diskusi kepada masing- masing kelompok awal dengan materi yang berbeda.
4) Siswa berdiskusi tentang
cara daptasi tumbuhan yang mereka peroleh.
5) Setiap kelompok
memastikan semua nggotanya memahami hasil diskusi.
6) Guru menyuruh anak yang
memakai angka1, berkumpul dan menjadi satu kelompok, lalu kita sebut sebagai
kelompok ahli. Untuk nomer 2 dengan 2, 3 dengan 3, 4 dengan 4, 5 dengan 5.
7) Kelompok ahli yang
terbentuk merupakan kumpulan dari berbagai kelompok awal sebelumnya.
8) Siswa berdiskusi bersama
kelompok ahli, tentang hal yang di diskusikan dengn kelompok awal.
9) Semua kelompok memastikan
anggota kelompoknya menerima informasi dari masing- masing anggota kelompok
awal tadi.
10) Setelah itu siswa kembali
ke kelompok awal tadi, dan berdiskusi dengan temannya tentang ilmu yang di
dapat di kelompok ahli tadi.
11) Siswa secara berkelompok
mengisi LKS yang telah disediakan.
|
Percaya
diri, Keberanian, kerja
sama, tanggung jawab, disiplin
|
|
Konfirmasi
|
1) Guru memberi penghargaan dan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah
selesai terlebih dahulu
2) Guru memanggil secara
acak perwakilan dari kelompok awal untuk membacakan hasil diskusinya di depan
kelas dan kelompok lain memberi tanggapan
3) Guru memberikan skor di papan skor bagi
kelompok yang menjawab benar.
4) Siswa menanggapi hasil diskusi kelompok lain.
5) Guru memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju.
6) Guru bersama siswa bertanya jawab tentang
kesalahan pemahaman tiap materi, dan
memberikan penguatan
7) Guru dan siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
|
Percaya diri, disiplin, keberanian, toleransi,
kerja sama
|
|
3.
|
Kegiatan akhir, ± 20 menit
|
||
Penutup
|
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menanyakan hal yang belum jelas.
b. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah
dipelajari.
c. Guru memberi kesempatan
siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d. Guru memberikan evaluasi
kepada siswa.
e. Guru memberikan pesan moral
pada akhir pelajaran
|
Tanggung jawab, disiplin, keberanian, ketelitian,
tenggang rasa, saling menghargai.
|
|
Tindak lanjut
|
a. Kegiatan remidi dilaksanakan apabila nilai siswa kurang
dari KKM
b. Kegiatan pengayaan dilaksanakan apabila nilai siswa
lebih dari KKM
|
I. Buku Sumber dan Alat Peraga
·
Buku Sumber :
1. KTSP
2. Muharam,
aris, dkk. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD/ MI Kelas V.
Jakarta: Pusat Perbukuan. ( Hal 52-53)
3. Laelawati, Susi. 2009. Keanekaragaman
Hayati. Jakarta: Nobel. ( Hal 19- 50)
4. Hadi O, Wigati. 2008. Bagaimana Hewan dan
Tumbuhan Mempertahankan Diri?. Klaten: Intan Pariwara. ( Hal 57- 64)
5. Wiyono, Edy,
dkk. 2008. Ilmu pengetahuan alam 5: untuk sd dan kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan. ( Hal 54- 57)
6. Kusumawati,
rohana, dkk. 2008. IPA
Salingtemas untuk kelas V SD/MI. Jakarta.
Bse. ( Hal 54- 57)
·
Alat Peraga:
1. Lagu “Adaptasi”
versi Tamasya
2. Beraneka
tumbuhan ( Kangkung, mawar, dst ) dan Gambar beraneka tumbuhan
3. Tabel
adaptasi tumbuhan
4.Papan Skor
J. Penilaian
1. Prosedur
Tes : proses
dan akhir
2. Jenis Tes : lisan dan tertulis
3. Teknik Tes : Tes dan Non Tes (
Pengamatan)
4. Bentuk Tes : uraian
5.
Alat Tes : LKS, soal, kunci jawaban,
kriteria penilaian, kisi-kisi soal
Mengetahui
Kepala Sekolah ....
NIP
|
Surakarta, ....
Guru Kelas V
NIP
|
LAMPIRAN
Pengembangan
Materi
Adaptasi Tumbuhan
1.
Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Habitatnya.
Habitat adalah tempat
tumbuhan hidup. Tumbuhan dapat hidup di tanah, air maupun gurun. Untuk
mempertahankan hidup di linkungannya tumbuhan perlu beradaptasi.
a.
Pohon Jati, mahoni, kedondong, mengugurkan daun.
b.
Kaktus, bentuk daun berupa duri, untuk mengurangi penguapan dan
batangnya untuk menyimpan air.
c.
Teratai, daunya lebar dan tipis untuk menangkap cahaya lebih banyak,
sehingga penguapanya semakin banyak.
d.
Kangkung, batang berongga agar dapat mengapung.
e.
Enceng gondok, punya rongga untuk mengapung dan bernafas.
2.
Cara Tumbuhan Melindungi Diri
Tumbuhan perlu melindungi diri dari
musuhnya untuk menjaga kelangsungan hidup dan kelestarian jenisnya. Tumbuhan
tidak bias lari seperti tubuhan, maka tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang berfungsi untuk melindungi diri agar dapat
hidup dan berkembang biak.
a.
Duri- duri yang tajam, seperti mawar, durian dan kaktus
b.
Bulu, seperti bambu, jelantang dan rotan
c.
Getah, seperti kamboja, nangka
d.
Rasa yang sepat atau pahit, seperti buah belimbing, jambu biji
e.
Bau tidak sedap, seperti bunga bangkai, kenanga
LEMBAR KERJA SISWA
Sekolah : SD Negeri ...
Kelas/
semester : V/ I
Mata
Pelajaran : IPA
I.
Tujuan
Siswa
dapat mengetahui cara tumbuhan mempertahankan hidup.
II.
Petunjuk
1. Berdiskusilah
dengan kelompokmu yang anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
2. Bacalah
petunjuk- petunjuk yang ada pada setiap soal.
3. Jawablah
pertanyaan di lembar yang sudah disediakan.
III. Lembar Hasil Diskusi
No
|
Nama Tumbuhan
|
Cara Beradaptasi
|
1
|
Mempunyai
batang berduri
|
|
2
|
Mengugurkan
daun
|
|
3
|
Mempunyai
batang berongga untuk bernafas
|
|
4
|
Mempunyai
rasa asam/ pahit
|
|
5
|
Mempunyai
bulu yang menyebabkan gatal
|
|
6
|
Mempunyai
getah
|
|
7
|
Mempunyai
bau menyengat
|
|
8
|
Memiliki
daun yang lebar
|
|
9
|
Memiliki
daun berduri
|
Nama Kelompok:
1.
…………….
2.
…………….
3.
…………….
4.
……………..
5.
……………..
6.
……………..
Paraf
Guru: …..
LEMBAR DISKUSI
Sekolah : SD Negeri ...
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : V/ I
1.
Tujuan : Siswa dapat mengetahui cirri- cirri
khusus yang dimiliki tumbuhan untuk beradaptasi.
2.
Petunjuk : Masing- masing kelompok berdiskusi
· Kelompok Anggur
Mendiskusikan cara adaptasi
tumbuhan mawar, durian, dan putri malu
·
Kelompok
Melon
Mendiskusikan cara adaptasi
tumbuhan pinus, kamboja, dan nangka
· Kelompok Rambutan
Mendiskusikan cara adaptasi tumbuhan yang hidup di air
· Kelompok Pepaya
Mendiskusikan cara adaptasi tumbuhan bambu dan buah- buahan
· Kelompok Manggis
Mendiskusikan cara adaptasi tumbuhan yang hidup di tempat kering/ panas.
3.
Hasil
diskusi
No
|
Nama
Tumbuhan
|
Habitat
|
Cara
beradaptasi
|
Tujuan
|
Nama
Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
5.
Paraf Guru : ……………
LEMBAR PENILAIAN
Sekolah :
SDN 02 Ngijo
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : V/ I
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan
bentuk- bentuk adaptasi tumbuhan dengan habitatnya!
Jawab:
2.
Jelaskan
bentuk- bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya!
Jawab:
3.
Sebutkan 3
contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan mengeluarkan getah!
Jawab:
4.
Sebutkan 3
contoh tumbuhan yang menyesuaikan diri hidup di air!
Jawab:
5.
Gambarkan bentuk perlindungan diri dari:
a. Mawar
b. Bambu
Nama : …………..
No. absen :
…………
KUNCI JAWABAN
· Lembar Kerja Siswa
1.
Mawar
2.
Pohon Jati
3.
Enceng
gondok
4.
Belimbing
5.
Bambu
6.
Buah
nangka
7.
Bunga
bangkai
8.
Teratai
9.
Kaktus
· Lembar Penilaian
1.
a. Mengugurkan daun, untuk mengurangi penguapan
b. Daun lebar untuk menambah penguapan
c. Batang berongga untuk menyimpan air
d. Akar menyebar untuk menyerap air.
2.
a. mempunyai duri
b. mempunyai bulu yang menyebabkan gatal
c. mempunyai getah
d. mempunyai rasa asam/ pahit
3.
Kamboja, nangka, pinus
4.
Teratai, enceng gondok, kangkung
5.
a.
b
KRITERIA
PENILAIAN
·
Lembar Kerja Siswa
a.
Penilaian
Proses Diskusi
No.
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Kerja sama
|
a.
Sangat
bekerja sama
b.
Bekerja sama
c.
Cukup
bekerja sama
d.
Kurang bekerja sama
e.
Tidak
bekerja sama
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Keaktifan
|
a.
Sangat
aktif
b.
Aktif
c.
Cukup aktif
d.
Kurang aktif
e. Tidak aktif
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Partisipasi
|
a. Sangat berpartisipasi
b. Berpartisipasi
c. Cukup
berpartisipasi
d. Kurang berpartisipasi
e. Tidak
berpartisipasi
|
5
4
3
2
1
|
b.
Penilaian
Hasil diskusi
1 soal benar nilainya 2,
jadi nilai maksimal: (9 x 2)/ 18 x 100 = 100
·
Lembar
Penilaian
1 soal benar nilainya 4,
jadi nilai maksimal:
(
5x 4) x 5 = 100
LEMBAR PENILAIAN HASIL
SD N 02 NGIJO
KELAS V
No
|
Nama
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Ariska
Diky P.
|
||
2
|
Dhimas
Wijaya K.
|
||
3
|
Catur
Budi S.
|
||
4
|
Deni
Setyawan
|
||
5
|
Yulia
Puspitasari S.
|
||
6
|
Andrian
Dwi S.
|
||
7
|
Alvi
Rahmadika
|
||
8
|
Farid
Gurata A.
|
||
9
|
Fitri
Handayani
|
||
10
|
Ipung
Eli Prastiwi
|
||
11
|
Irmawati
|
||
12
|
Laili
Fauziah
|
||
13
|
Lancar
Wibowo
|
||
14
|
Laiin
|
||
15
|
Lutfi
Erlina P.H.
|
||
16
|
Nisa
Palupi
|
||
17
|
Rima
Arum M.
|
||
18
|
Rosyid
Eka P.
|
||
19
|
Rizangga
Tri K.
|
||
20
|
Ainaya
Al-Asri
|
||
21
|
Thalia
Devi
|
||
22
|
Alvira
Cindy P.
|
||
23
|
Kirana
Sandy H.P.
|
||
24
|
Salma
Ayu Azizah
|
LEMBAR PENILAIAN
PROSES DISKUSI
SD NEGERI 02 NGIJO
KELAS V
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Ket
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
||||
1
|
Ariska Diky P.
|
|||||
2
|
Dhimas Wijaya K.
|
|||||
3
|
Catur Budi S.
|
|||||
4
|
Deni Setyawan
|
|||||
5
|
Yulia Puspitasari S.
|
|||||
6
|
Andrian Dwi S.
|
|||||
7
|
Alvi Rahmadika
|
|||||
8
|
Farid Gurata A.
|
|||||
9
|
Fitri Handayani
|
|||||
10
|
Ipung Eli Prastiwi
|
|||||
11
|
Irmawati
|
|||||
12
|
Laili Fauziah
|
|||||
13
|
Lancar Wibowo
|
|||||
14
|
Laiin
|
|||||
15
|
Lutfi Erlina P.H.
|
|||||
16
|
Nisa Palupi
|
|||||
17
|
Rima Arum M.
|
|||||
18
|
Rosyid Eka P.
|
|||||
19
|
Rizangga Tri K.
|
|||||
20
|
Ainaya Al-Asri
|
|||||
21
|
Thalia Devi
|
|||||
22
|
Alvira Cindy P.
|
|||||
23
|
Kirana Sandy H.P.
|
|||||
24
|
Salma Ayu Azizah
|
Alat Peraga
1. Syair Lagu Adaptasi versi lagu Tamasya
2.
Beraneka
Tumbuhan
3.
Tabel
Adaptasi Tumbuhan
No
|
Nama
Tumbuhan
|
Cara Beradaptasi
|
1
|
Mempunyai
batang berduri
|
|
2
|
Mengugurkan
daun
|
|
3
|
Mempunyai
batang berongga untuk bernafas
|
|
4
|
Mempunyai
rasa asam/ pahit
|
|
5
|
Mempunyai
bulu yang menyebabkan gatal
|
|
6
|
Mempunyai
getah
|
|
7
|
Mempunyai
bau menyengat
|
|
8
|
Memiliki
daun yang lebar
|
|
9
|
Memiliki
daun berduri
|
4.
Papan
Skor
PAPAN
SKOR
|
|
Nama
Kelompok
|
Skor
|
ANGGUR
|
|
MELON
|
|
RAMBUTAN
|
|
PEPAYA
|
|
MANGGIS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar