Rabu, 11 Januari 2012

RPP IPA kelas 5 ( Adaptasi Tumbuhan) dengan Jigsaw

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
MODEL JIGSAW
UNS






Disusun Oleh :
Nama                                       : Iis Lestari
NIM                                        : X7110019
Program / Semester                 : S1 Transfer / VII


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
 
Nama Sekolah             : SD Negeri ...
Mapel/ Materi Pokok  : IPA/ Adaptasi Tumbuhan
Kelas/Semester            : V / 1
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari/Tanggal               : ...


A. Standar Kompetensi:
3. Mengidentifikasi cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

B. Kompetensi Dasar 
     3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
               
C. Indikator
·      Kognitif
a.    Produk  :
§  menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri-ciri khususnya dalam menyesuaikan diri dengan habitatnya.
§  menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri-ciri khususnya dalam menyesuaikan diri dari musuhnya.
b.   Proses  :
§  mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dengan habitatnya.
§  mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya.
·      Afektif
Mengisi tabel bentuk adaptasi tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki.
·      Psikomotor
Mengambar tumbuhan disertai bentuk adaptasi dan ciri- ciri yang dimiliki.

D. Tujuan Pembelajaran
a.    Melalui pengamatan macam- macam tumbuhan yang dibawa oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya dengan benar.
b.   Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya dengan benar.
c.    Melalui media gambar macam- macam tumbuhan siswa dapat menyebutkan 4 contoh tumbuhan dan ciri- ciri khususnya beradaptasi terhadap habitatnya dengan benar.
d.   Melalui media gambar macam- macam tumbuhan , siswa dapat menyebutkan 4 contoh tumbuhan dan ciri khusus yang dimiliki untuk mempertahankan hidup dari musuhnya dengan benar.
e.    Melalui penugasan di LKS, siswa dapat mengisi tabel bentuk adaptasi tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki menggunakan kartu kata secara benar.
f.    Melalui penugasan tentang adaptasi tumbuhan, siswa dapat mengambar macam- macam tumbuhan disertai bentuk adaptasi dan ciri- ciri yang dimiliki dengan benar.

E. Dampak Pengiring
   Setelah pembelajaran tentang adaptasi tumbuhan selesai, siswa diharapkan mengetahui cara tumbuhan disekitar mereka mempertahankan diri baik di habitatnya maupun dari musuhnya.

F. Materi Ajar  ( Materi Pokok )
Adaptasi Tumbuhan

1.   Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Habitatnya.
Habitat adalah tempat tumbuhan hidup. Tumbuhan dapat hidup di tanah, air maupun gurun. Untuk mempertahankan hidup di linkungannya tumbuhan perlu beradaptasi.
a.       Pohon Jati, mahoni, kedondong, mengugurkan daun.
b.      Kaktus, bentuk daun berupa duri, untuk mengurangi penguapan dan batangnya untuk menyimpan air.
c.       Teratai, daunya lebar dan tipis untuk menangkap cahaya lebih banyak, sehingga penguapanya semakin banyak.
d.      Kangkung, batang berongga agar dapat mengapung.
e.       Enceng gondok, punya rongga untuk mengapung dan bernafas.
2.   Cara Tumbuhan Melindungi Diri
     Tumbuhan perlu melindungi diri dari musuhnya untuk menjaga kelangsungan hidup dan kelestarian jenisnya. Tumbuhan tidak bias lari seperti tubuhan, maka tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang  berfungsi untuk melindungi diri agar dapat hidup dan berkembang biak.
a.       Duri- duri yang tajam, seperti mawar, durian dan kaktus
b.      Bulu, seperti bambu, jelantang dan rotan
c.       Getah, seperti kamboja, nangka
d.      Rasa yang sepat atau pahit, seperti buah belimbing, jambu biji
e.       Bau tidak sedap, seperti bunga bangkai, kenanga

G. Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran Jigsaw
2.      Metode Pembelajaran 
a.    Ceramah bervariasi
b.   Diskusi kelompok
c.    Penugasan
d.   Pengamatan

H. Langkah-langkah pembelajaran :
No.
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Belajar Mengajar
Nilai Karakter
1.
Kegiatan awal, ± 10 menit


Pendahuluan
a.       Guru mengkondisikan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.      Guru mengecek kesiapan siswa, media, dan kelengkapan belajar.
disiplin
Motivasi
Guru memberikan tes penjajagan kepada siswa
keberanian
Apersepsi
Menyanyikan lagu “ Adaptasi” versi lagu “ Tamasya”

keberanian
kompetensi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
perhatian
2.
Kegiatan inti, ± 35 menit


Eksplorasi
1)      Siswa bersama guru mengkaitkan apersepsi dengan pembelajaran.
2)      Siswa mengamati beraneka tumbuhan yang dibawa guru.
3)      Siswa mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya.
4)      Siswa mengamati media gambar macam- macam tumbuhan, dan menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri- ciri khususnya beradaptasi terhadap habitatnya.
5)      Siswa menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri khusus yang dimiliki untuk mempertahankan hidup dari musuhnya
Keberanian, percaya diri, teliti
Elaborasi
1)      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa, yang selanjutnya disebut kelompok awal ( anggur, melon, rambutan, papaya dan manggis)
2)      Guru membagikan nomer 1- 5 kepada kelompok awal.
3)      Guru membagikan lembar diskusi kepada masing- masing kelompok awal dengan materi yang berbeda.
4)      Siswa berdiskusi tentang cara daptasi tumbuhan yang mereka peroleh.
5)      Setiap kelompok memastikan semua nggotanya memahami hasil diskusi.
6)      Guru menyuruh anak yang memakai angka1, berkumpul dan menjadi satu kelompok, lalu kita sebut sebagai kelompok ahli. Untuk nomer 2 dengan 2, 3 dengan 3, 4 dengan 4, 5 dengan 5.
7)      Kelompok ahli yang terbentuk merupakan kumpulan dari berbagai kelompok awal sebelumnya.
8)      Siswa berdiskusi bersama kelompok ahli, tentang hal yang di diskusikan dengn kelompok awal.
9)      Semua kelompok memastikan anggota kelompoknya menerima informasi dari masing- masing anggota kelompok awal tadi.
10)  Setelah itu siswa kembali ke kelompok awal tadi, dan berdiskusi dengan temannya tentang ilmu yang di dapat di kelompok ahli tadi.
11)  Siswa secara berkelompok mengisi LKS yang telah disediakan.
Percaya diri, Keberanian, kerja sama, tanggung jawab, disiplin



Konfirmasi
1)      Guru memberi penghargaan dan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah selesai terlebih dahulu
2)      Guru memanggil secara acak perwakilan dari kelompok awal untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok lain memberi tanggapan
3)      Guru memberikan skor di papan skor bagi kelompok yang menjawab benar.
4)      Siswa menanggapi hasil diskusi kelompok lain.
5)      Guru memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju.
6)      Guru bersama siswa bertanya jawab tentang kesalahan pemahaman tiap materi, dan  memberikan penguatan
7)      Guru dan siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
Percaya diri, disiplin, keberanian, toleransi, kerja sama

3.
Kegiatan akhir, ± 20 menit



Penutup
a.       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas.
b.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.
c.       Guru memberi kesempatan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d.      Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
e.       Guru memberikan pesan moral pada akhir pelajaran
Tanggung jawab, disiplin, keberanian, ketelitian, tenggang rasa, saling menghargai.

Tindak lanjut
a. Kegiatan remidi dilaksanakan apabila nilai siswa kurang dari KKM
b. Kegiatan pengayaan dilaksanakan apabila nilai siswa lebih dari KKM


I. Buku Sumber dan Alat Peraga
·         Buku Sumber :
1.   KTSP
2.   Muharam, aris, dkk. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD/ MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan. ( Hal 52-53)
3.   Laelawati, Susi. 2009. Keanekaragaman Hayati. Jakarta: Nobel. ( Hal 19- 50)
4.   Hadi O, Wigati. 2008. Bagaimana Hewan dan Tumbuhan Mempertahankan Diri?. Klaten: Intan Pariwara. ( Hal 57- 64)
5.   Wiyono, Edy, dkk. 2008. Ilmu pengetahuan alam 5: untuk sd dan kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan. ( Hal 54- 57)
6.   Kusumawati, rohana, dkk. 2008. IPA Salingtemas untuk kelas V SD/MI. Jakarta. Bse. ( Hal 54- 57)

·         Alat Peraga:
1. Lagu “Adaptasi” versi Tamasya
2. Beraneka tumbuhan ( Kangkung, mawar, dst ) dan Gambar beraneka tumbuhan
3. Tabel adaptasi tumbuhan
4.Papan Skor




J. Penilaian
1.      Prosedur Tes   : proses dan akhir
2.      Jenis Tes          : lisan dan tertulis
3.      Teknik Tes       : Tes dan Non Tes ( Pengamatan)
4.      Bentuk Tes      : uraian
5.      Alat Tes           : LKS, soal, kunci jawaban, kriteria penilaian, kisi-kisi soal   







Mengetahui
Kepala Sekolah ....



   
NIP
Surakarta, ....


Guru Kelas V



      
NIP

























LAMPIRAN






















Pengembangan Materi

Adaptasi Tumbuhan

1.   Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Habitatnya.
Habitat adalah tempat tumbuhan hidup. Tumbuhan dapat hidup di tanah, air maupun gurun. Untuk mempertahankan hidup di linkungannya tumbuhan perlu beradaptasi.
a.    Pohon Jati, mahoni, kedondong, mengugurkan daun.
b.   Kaktus, bentuk daun berupa duri, untuk mengurangi penguapan dan batangnya untuk menyimpan air.
c.    Teratai, daunya lebar dan tipis untuk menangkap cahaya lebih banyak, sehingga penguapanya semakin banyak.
d.   Kangkung, batang berongga agar dapat mengapung.
e.    Enceng gondok, punya rongga untuk mengapung dan bernafas.
2.   Cara Tumbuhan Melindungi Diri
     Tumbuhan perlu melindungi diri dari musuhnya untuk menjaga kelangsungan hidup dan kelestarian jenisnya. Tumbuhan tidak bias lari seperti tubuhan, maka tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang  berfungsi untuk melindungi diri agar dapat hidup dan berkembang biak.
a.       Duri- duri yang tajam, seperti mawar, durian dan kaktus
b.      Bulu, seperti bambu, jelantang dan rotan
c.       Getah, seperti kamboja, nangka
d.      Rasa yang sepat atau pahit, seperti buah belimbing, jambu biji
e.       Bau tidak sedap, seperti bunga bangkai, kenanga














LEMBAR KERJA SISWA

Sekolah                 : SD Negeri ...
Kelas/ semester    :  V/ I
Mata Pelajaran    :  IPA

I.       Tujuan
Siswa dapat mengetahui cara tumbuhan mempertahankan hidup.

II.    Petunjuk
1.      Berdiskusilah dengan kelompokmu yang anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
2.      Bacalah petunjuk- petunjuk yang ada pada setiap soal.
3.      Jawablah pertanyaan di lembar yang sudah disediakan.

III. Lembar Hasil Diskusi
No
Nama Tumbuhan
Cara Beradaptasi
1

Mempunyai batang berduri
2

Mengugurkan daun
3

Mempunyai batang berongga untuk bernafas
4

Mempunyai rasa asam/ pahit
5

Mempunyai bulu yang menyebabkan gatal
6

Mempunyai getah
7

Mempunyai bau menyengat
8

Memiliki daun yang lebar
9

Memiliki daun berduri

Nama Kelompok:
1.      …………….
2.      …………….
3.      …………….
4.      ……………..
5.      ……………..
6.      ……………..


      Paraf Guru: …..



LEMBAR DISKUSI
Sekolah                 : SD Negeri ...
Mata Pelajaran      : IPA
Kelas/ Semester     : V/ I

1.   Tujuan         : Siswa dapat mengetahui cirri- cirri khusus yang dimiliki tumbuhan untuk    beradaptasi.
2.   Petunjuk     : Masing- masing kelompok berdiskusi
·      Kelompok Anggur
     Mendiskusikan cara adaptasi tumbuhan mawar, durian, dan putri malu
·      Kelompok Melon
     Mendiskusikan cara adaptasi tumbuhan pinus, kamboja, dan nangka
·      Kelompok Rambutan
Mendiskusikan cara adaptasi tumbuhan yang hidup di air
·      Kelompok Pepaya
Mendiskusikan cara adaptasi tumbuhan bambu dan buah- buahan
·      Kelompok Manggis
Mendiskusikan cara adaptasi tumbuhan yang hidup di tempat kering/ panas.
3.   Hasil diskusi
No
Nama Tumbuhan
Habitat
Cara beradaptasi
Tujuan



























Nama Kelompok         :
Anggota                      : 1.
2.
3.
4.
5.

Paraf Guru      : ……………



LEMBAR PENILAIAN
Sekolah                          : SDN 02 Ngijo
Mata Pelajaran               : IPA
Kelas/ Semester              : V/ I

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan bentuk- bentuk adaptasi tumbuhan dengan habitatnya!
Jawab:

2.      Jelaskan bentuk- bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya!
Jawab:

3.      Sebutkan 3 contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan mengeluarkan getah!
Jawab:

4.      Sebutkan 3 contoh tumbuhan yang menyesuaikan diri hidup di air!
Jawab:

5.      Gambarkan bentuk perlindungan diri dari:
a.       Mawar
b.      Bambu
         







Nama               : …………..
No. absen         : …………







KUNCI JAWABAN

·     Lembar Kerja Siswa

1.   Mawar
2.   Pohon Jati
3.   Enceng gondok
4.   Belimbing
5.   Bambu
6.   Buah nangka
7.   Bunga bangkai
8.   Teratai
9.   Kaktus

·     Lembar Penilaian
1.      a. Mengugurkan daun, untuk mengurangi penguapan
b. Daun lebar untuk menambah penguapan
c. Batang berongga untuk menyimpan air
d. Akar menyebar untuk menyerap air.
2.      a. mempunyai duri
b. mempunyai bulu yang menyebabkan gatal
c. mempunyai getah
d. mempunyai rasa asam/ pahit
3.      Kamboja, nangka, pinus
4.      Teratai, enceng gondok, kangkung
5.      a.                                                b













































KRITERIA PENILAIAN

·         Lembar Kerja Siswa
a.       Penilaian Proses Diskusi
No.
Indikator
Deskriptor
Skor
1.




Kerja sama




a.       Sangat bekerja sama
b.       Bekerja sama
c.        Cukup  bekerja sama
d.       Kurang bekerja sama
e.       Tidak bekerja sama
5
4
3
2
1
2.




Keaktifan




a.       Sangat   aktif
b.       Aktif
c.        Cukup  aktif
d.      Kurang  aktif
e.       Tidak aktif
5
4
3
2
1
3.
Partisipasi
a.       Sangat   berpartisipasi
b.       Berpartisipasi
c.        Cukup  berpartisipasi
d.      Kurang  berpartisipasi
e.       Tidak berpartisipasi
5
4
3
2
1
b.      Penilaian Hasil diskusi
1 soal benar nilainya 2, jadi nilai maksimal: (9 x 2)/ 18 x 100 = 100

·         Lembar Penilaian
1 soal benar nilainya 4, jadi nilai maksimal:
              ( 5x 4) x 5 = 100




LEMBAR PENILAIAN HASIL
SD N 02 NGIJO KELAS V
No
Nama
Nilai
Keterangan

1
Ariska Diky P.


2
Dhimas Wijaya K.


3
Catur Budi S.


4
Deni Setyawan


5
Yulia Puspitasari S.


6
Andrian Dwi S.


7
Alvi Rahmadika


8
Farid Gurata A.


9
Fitri Handayani


10
Ipung Eli Prastiwi


11
Irmawati


12
Laili Fauziah


13
Lancar Wibowo


14
Laiin


15
Lutfi Erlina P.H.


16
Nisa Palupi


17
Rima Arum M.


18
Rosyid Eka P.


19
Rizangga Tri K.


20
Ainaya Al-Asri


21
Thalia Devi


22
Alvira Cindy P.


23
Kirana Sandy H.P.


24
Salma Ayu Azizah



LEMBAR PENILAIAN PROSES DISKUSI
SD NEGERI 02 NGIJO
KELAS V
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Ket
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
1
Ariska Diky P.





2
Dhimas Wijaya K.





3
Catur Budi S.





4
Deni Setyawan





5
Yulia Puspitasari S.





6
Andrian Dwi S.





7
Alvi Rahmadika





8
Farid Gurata A.





9
Fitri Handayani





10
Ipung Eli Prastiwi





11
Irmawati





12
Laili Fauziah





13
Lancar Wibowo





14
Laiin





15
Lutfi Erlina P.H.





16
Nisa Palupi





17
Rima Arum M.





18
Rosyid Eka P.





19
Rizangga Tri K.





20
Ainaya Al-Asri





21
Thalia Devi





22
Alvira Cindy P.





23
Kirana Sandy H.P.





24
Salma Ayu Azizah








Alat Peraga

1.      Syair Lagu Adaptasi  versi lagu Tamasya


Rounded Rectangle: Adaptasi
Air tanah dan gurun merupakan habitat
Beraneka tumbuhan yang ingin terus hidup
Mereka juga perlu mempertahankan diri 
dari para musuh- musuhnya
Duri bau dan getah menjadi senjatanya 
Tuk melindungi diri dari beragam bahaya
Semua itu berguna untuk bertahan  hidup 
serta berkembang biak selalu












2.      Beraneka Tumbuhan

          

3.      Tabel Adaptasi Tumbuhan
No
Nama Tumbuhan
Cara Beradaptasi
1

Mempunyai batang berduri
2

Mengugurkan daun
3

Mempunyai batang berongga untuk bernafas
4

Mempunyai rasa asam/ pahit
5

Mempunyai bulu yang menyebabkan gatal
6

Mempunyai getah
7

Mempunyai bau menyengat
8

Memiliki daun yang lebar
9

Memiliki daun berduri
Rounded Rectangle: BelimbingRounded Rectangle: kaktusRounded Rectangle: Bunga bangkaiRounded Rectangle: bambuRounded Rectangle: mawar
                                                        










Rounded Rectangle: Pohon jati
Rounded Rectangle: Enceng gondok
Rounded Rectangle: Buah nangka
Rounded Rectangle: teratai






4.      Papan Skor

PAPAN SKOR
Nama Kelompok
Skor
ANGGUR
MELON
RAMBUTAN
PEPAYA
MANGGIS





Tidak ada komentar:

Posting Komentar