Rencanan Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
MODEL
ACTIVE LEARNING
TRUE OR FALSE
Nama Sekolah : SD Negeri 02 Ngijo
Mapel/ Materi Pokok : Matematika/
Menentukan data dengan
ukuran tertentu, terbesar dan terkecil.
Kelas/Semester :
VI / 1
Alokasi Waktu :
1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari/Tanggal : Kamis, 24 Nopember
2011
A.
Standar
Kompetensi:
4. Mengumpulkan dan mengolah data.
B. Kompetensi Dasar
4.3 Menafsirkan sajian data.
C. Indikator
· Kognitif
a. Produk :
§ Menjelaskan kegunaan dari
data yang sudah diurutkan.
b.
Proses :
§ Mengamati pengolahan data
yang belum diurutkan dan yang sudah di urutkan.
· Afektif
Mengisi Lembar Kerja Siswa
tentang ukuran data
· Psikomotor
Menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui pengamatan pengolahan data yang belum
diurutkan dan yang sudah diurutkan, siswa dapat menjelaskan kegunaan dari data
yang sudah diurutkan dengan benar.
2.
Melalui pengamatan media macam- macam diagram,
siswa dapat menjelaskan bentuk diagram batang, lingkaran dan garis dengan
benar.
3.
Melalui penugasa, siswa dapat mengisi LKS dengan
benar.
4.
Melalui diskusi kelompok, siswa
dapat menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil secara
tepat.
5.
Melalui kartu- kartu soal tentang
data, siswa dapat menentukan kartu soal yang benar dan salah di kotak benar dan
salah dengan tepat.
E. Dampak Pengiring
Setelah
pembelajaran selesai, siswa diharapkan dapat mengetahui ukuran data
tertentu, terbesar dan terkecil dalam suatu permasalah sehari- hari dengan
tepat.
F. Materi
Ajar ( Materi Pokok )
Menentukan Data
Tertentu, Terbesar dan Terkecil
Data
sebelum diolah perlu diurutkan, hal ini untuk memudahkan penghitungan dari data
tersebut. Dalam data terdapat data tertentu, data terbesar dan terkecil. Data
dapat disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran dan diagram
garis.
1.
Diagram Batang
Perhatikan diagram batang
yang
menunjukkan
hasil
ulangan
Matematika
dari 30 orang siswa.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
0
5 6 7 8 9
Nilai
Gambar 4.1
Diagram Nilai Matematika Kelas VI
Dari data diatas dapat diketahui bahwa:
a.
Nilai tertinggi adalah 7
b.
Nilai terendah adalah 5
c.
Nilai yang paling banyak diperoleh
adalah 7
d.
Nilai yang paling sedikit diperoleh
adalah 5
e.
Siswa yang mendapat nilai 8 ada 7
anak
2. Diagram
Lingkaran
Berikut ini adalah data pekerjaan orang tua siswa kelas VI SDN Mekar
Sari, dengan jumlah siswa 40 anak.
Dari diagram di
atas dapat kita ketahui bahwa:
a.
Pekerjaan orang tua siswa yang
paling banyak adalah petani
b.
Pekerjaan orang tua siswa yang
paling sedikit adalah nelayan
c.
Jumlah orang tua yang bekerja
sebagai PNS berjumlah:
17% x 40 = ….
17/100 x 40 = 7 orang
3.
Diagram Garis
Berikut adalah data jumlah siswa di SDN Mekar Sari, pada tahun ajaran
2010/2011
Dari data diatas dapat kita ketahui bahwa:
a. Jumlah siswa yang paling banyak adalah siswa kelas
1
b. Jumlah siswa yang paling sedikit adalah siswa kelas
5
G. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran active learning
true or false
2.
Metode Pembelajaran
a.
Ceramah bervariasi
b.
Diskusi kelompok
c.
Penugasan
d.
Pengamatan
H. Langkah-langkah pembelajaran :
No.
|
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
Nilai Karakter
|
1.
|
Kegiatan awal, ± 10 menit
|
|
|
Pendahuluan
|
a. Guru mengkondisikan siswa
untuk mengikuti proses pembelajaran.
b. Guru mengecek kesiapan
siswa, media, dan kelengkapan belajar.
|
disiplin
|
|
Motivasi
|
Guru memberikan tes penjajagan kepada siswa
|
keberanian
|
|
Apersepsi
|
Mengamati media macam- macam diagram
|
keberanian
|
|
kompetensi
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
|
perhatian
|
|
2.
|
Kegiatan inti, ± 40 menit
|
|
|
Eksplorasi
|
1)
Siswa mengamati macam- macam diagram
2)
Siswa mengingat kembli
pelajaran terdahulu.
3)
Siswa memperhatikan data yang belum diurutkan
dan data yang sudah diurutkan
4)
Siswa menjelaskan kegunaan dari data yang
sudah diurutkan
|
Keberanian, percaya diri, teliti
|
|
Elaborasi
|
1) Siswa menyebutkan mana
yang dimaksut diagram batang, lingkaran dan garis.
2) Guru membimbing siswa
untuk dapat membaca data pada masing- masing diagram
3) Guru membagi siswa ke
dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa,
4) Guru membagikan LKS kepada
masing- masing kelompok.
5) Setiap kelompok
mendapatkan 6 kartu soal tentang data pada LKS yang sudah didapat.
6) Guru membimbing siswa
mendiskusikan kartu soal yang telah didapat masing- masing kelompok.
7) Setelah mendiskusikan
kartu soal dengan kelompoknya, siswa menentukan apakah kartu itu sesuai atau
tidak dengan data pada LKS yang telah diberikan
8) Secara perwakilan siswa
maju ke depan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
9) Apabila kartu tersebut
sesuai dengan data di LKS, siswa memasukkannya ke kotak BENAR, namun apabila
kartu tersebut tidak cocok kartu dimasukkan ke kotak SALAH.
10) Secara bergantian masing-
masing kelompok membacakan hasil diskusi di depan kelas.
|
Percaya
diri, Keberanian, kerja
sama, tanggung jawab, disiplin
|
|
|
Konfirmasi
|
1) Guru memberi penghargaan dan tepuk tangan kepada kelompok yang paling
aktif
2) Guru memanggil secara
acak perwakilan dari kelompok untuk membacakan hasil diskusinya LKS di depan
kelas dan kelompok lain memberi tanggapan
3) Guru memberikan skor di papan skor bagi
kelompok yang menjawab benar.
4) Siswa menanggapi hasil diskusi kelompok lain.
5) Guru memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju.
6) Guru bersama siswa bertanya jawab tentang
kesalahan pemahaman tiap materi, dan
memberikan penguatan
7) Guru dan siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
|
Percaya diri, disiplin, keberanian, toleransi,
kerja sama
|
3.
|
Kegiatan akhir, ± 20 menit
|
|
|
|
Penutup
|
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menanyakan hal yang belum jelas.
b. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah
dipelajari.
c. Guru memberi kesempatan
siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d. Guru memberikan evaluasi
kepada siswa.
e. Guru memberikan pesan moral
pada akhir pelajaran
|
Tanggung jawab, disiplin, keberanian, ketelitian,
tenggang rasa, saling menghargai.
|
|
Tindak lanjut
|
Memberikan
tugas rumah
|
|
I. Buku Sumber dan Alat Peraga
·
Buku Sumber :
1. KTSP
2. Aksin, Nur,
dkk. 2008. Gemar Matematika 6 untuk Kelas
VI SD/ MI.Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. ( Hal 77-78)
3. Arijanny,
Ida, dkk. 2009. Matematika untuk SD/ MI
Kelas VI. Jakarta: Bse. (Hal 120- 122)
4. Babudin,
dkk. 2009. Gemar Belajar Matematika 6
untuk Siswa SD/ MI Kelas VI. Jakarta: Bse. (Hal 81-82)
·
Alat Peraga:
1.Gambar
macam- macam diagram
2.Data pada
LKS
3.Kartu soal
4.Kotak Benar
Salah
5.Papan Skor
J. Penilaian
1. Prosedur
Tes : proses
dan akhir
2. Jenis Tes : lisan dan tertulis
3. Teknik Tes : tes dan non tes (
Pengamatan)
4. Bentuk Tes : uraian
5.
Alat Tes : LKS, soal, kunci jawaban,
kriteria penilaian, kisi-kisi soal
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 02 Ngijo
Elkana Margito, S.Pd
NIP 19550224 197501 1 002
|
|
Surakarta, 24 Nopember 2011
Pratikan
Iis Lestari
NIM X7110019
|
Pengembangan Materi
Menentukan Data
Tertentu, Terbesar dan Terkecil
Data sebelum diolah perlu diurutkan,
hal ini untuk memudahkan penghitungan dari data tersebut. Dalam data terdapat
data tertentu, data terbesar dan terkecil. Data dapat disajikan dalam bentuk
diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis.
1.
Diagram Batang
Perhatikan diagram batang
yang
menunjukkan
hasil
ulangan
Matematika
dari 30 orang siswa.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
0
5 6 7 8 9
Nilai
Gambar 4.1 Diagram Nilai Matematika Kelas VI
Dari data diatas dapat diketahui bahwa:
a.
Nilai tertinggi adalah 7
b.
Nilai terendah adalah 5
c.
Nilai yang paling banyak diperoleh
adalah 7
d.
Nilai yang paling sedikit diperoleh
adalah 5
e.
Siswa yang mendapat nilai 8 ada 7
anak
2.
Diagram Lingkaran
Berikut ini adalah data pekerjaan orang tua siswa kelas VI SDN Mekar
Sari, dengan jumlah siswa 40 anak.
Dari diagram di
atas dapat kita ketahui bahwa:
a.
Pekerjaan orang tua siswa yang
paling banyak adalah petani
b.
Pekerjaan orang tua siswa yang
paling sedikit adalah nelayan
c.
Jumlah orang tua yang bekerja
sebagai PNS berjumlah:
17% x 40 = ….
17/100 x 40 = 7
orang
3. Diagram Garis
Berikut adalah data jumlah siswa di SDN Mekar Sari, pada tahun ajaran
2010/2011
Dari data diatas dapat kita
ketahui bahwa:
a. Jumlah siswa yang paling banyak adalah siswa kelas
1
b. Jumlah siswa yang paling sedikit adalah siswa kelas 5
Alat Peraga
1.
Macam-
macam diagram
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
0
5 6 7 8 9
Nilai
2.
Data
pada LKS
3.
Kartu
soal
Permintaan paling banyak adalah buah jeruk
Permintaan paling sedikit adalah buah duku
Permintaan buah kiwi sebanyak 20 kg
Permintaan buah duku sebanyak 40 kg
Pekerjaan orang tua paling banyak adalah pedagang
Pekerjaan orang tua paling sedikit adalah nelayan
Jumlah siswa yang orang tuanya pedagang ada 28 siswa
Jumlah siswa yang orang tuanya petani adalah 40 siswa
Jumlah produksi terbanyak pada tahun 2006
Jumlah produksi paling sedikit adalah tahun 2006
Jumlah produksi tahun 2007 adalah 100 unit
Jumlah produksi tahun 2008 adalah 89 unit
Produksi pada minggu pertama paling banyak
Produksi terkecil pada minggu pertama
Pada minggu kedua, dapat emproduksi 50 bungkus
70 bungkus dapat diproduksi pada minggu ke 5
Jumlah siswa yang gemar basket dan bulu tangkis tidak
sama
Siswa yang menyukai voli paling banyak diantara
olahraga lain
Sepak bola memiliki peminat paling banyak
25 orang menyukai olahraga basket
4.
Kotak
Benar salah
5.
Papan
Skor
PAPAN
SKOR
|
|
Nama Kelompok
|
Skor
|
ANGGUR
|
|
MELON
|
|
RAMBUTAN
|
|
PEPAYA
|
|
MANGGIS
|
|
LEMBAR KERJA SISWA 1
Sekolah : SD Negeri 02 Ngijo
Kelas/ semester : VI/
I
Mata
Pelajaran : Matematika
I.
Tujuan
Siswa
dapat mengetahui nilai tertentu, terbesar dan terkecil pada suatu data.
II.
Petunjuk
1. Berdiskusilah
dengan kelompokmu yang anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
2. Amatilah
data pada Lembar Kerja Siswa kelompokmu!
3. Cocokkan
kartu yang telah dibagikan dengan data pada gambar!
III. Analisis Data
Nama Kelompok:
1.
…………….
2.
…………….
3.
…………….
4.
……………..
5.
……………..
6.
……………..
Paraf
Guru: …..
LEMBAR KERJA SISWA 2
Sekolah : SD Negeri 02 Ngijo
Kelas/
semester : VI/ I
Mata Pelajaran :
Matematika
I. Tujuan
Siswa
dapat mengetahui nilai tertentu, terbesar dan terkecil pada suatu data.
II. Petunjuk
1.
Berdiskusilah dengan kelompokmu yang
anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
2.
Amatilah data pada Lembar Kerja
Siswa kelompokmu!
3.
Cocokkan kartu yang telah dibagikan
dengan data pada gambar!
III. Analisis Data
Jumlah siswa 28 anak
Nama Kelompok:
1.
…………….
2.
…………….
3.
…………….
4.
……………..
5.
……………..
6.
……………..
Paraf
Guru: …..
LEMBAR KERJA SISWA 3
Sekolah : SD Negeri 02 Ngijo
Kelas/
semester : VI/ I
Mata Pelajaran :
Matematika
I. Tujuan
Siswa
dapat mengetahui nilai tertentu, terbesar dan terkecil pada suatu data.
II. Petunjuk
1.
Berdiskusilah dengan kelompokmu yang
anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
2.
Amatilah data pada Lembar Kerja
Siswa kelompokmu!
3.
Cocokkan kartu yang telah dibagikan
dengan data pada gambar!
III. Analisis Data
Nama Kelompok:
1.
…………….
2.
…………….
3.
…………….
4.
……………..
5.
……………..
6.
……………..
Paraf
Guru: …..
LEMBAR KERJA SISWA 4
Sekolah : SD Negeri 02 Ngijo
Kelas/
semester : VI/ I
Mata
Pelajaran : Matematika
I.
Tujuan
Siswa
dapat mengetahui nilai tertentu, terbesar dan terkecil pada suatu data.
II.
Petunjuk
1.
Berdiskusilah dengan kelompokmu yang
anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
2.
Amatilah data pada Lembar Kerja
Siswa kelompokmu!
3.
Cocokkan kartu yang telah dibagikan dengan
data pada gambar!
III. Analisis Data
Nama Kelompok:
1.
…………….
2.
…………….
3.
…………….
4.
……………..
5.
……………..
6.
……………..
Paraf
Guru: …..
LEMBAR KERJA SISWA 5
Sekolah : SD Negeri 02 Ngijo
Kelas/
semester : VI/ I
Mata
Pelajaran : Matematika
I. Tujuan
Siswa
dapat mengetahui nilai tertentu, terbesar dan terkecil pada suatu data.
II. Petunjuk
1.
Berdiskusilah dengan kelompokmu yang
anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
2.
Amatilah data pada Lembar Kerja
Siswa kelompokmu!
3.
Cocokkan kartu yang telah dibagikan
dengan data pada gambar!
III. Analisis Data
Jumlah siswa 25 anak
Nama Kelompok:
1.
…………….
2.
…………….
3.
…………….
4.
……………..
5.
……………..
6.
……………..
LEMBAR PENILAIAN
Sekolah :
SDN 02 Ngijo
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester : VI/ I
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar!
Perhatikan data pada diagram
lingkaran berikut!
Jika jumlah buah- buahan yang
diminta oleh pembeli adalah 120 ton, jawablah pertanyaan dibawah ini:
1.
Berapa ton
jumlah permintaan buah jeruk?
2.
Dari
diagram diatas, jumlah permintaan tertinggi dari buah apa?Berapa jumlah
permintaannya?
3.
Buah
apakah yang memiliki permintaan paling sedikit?Berapakah jumlah permintaannya?
4.
Berapa
jumlah permintaan buah rambutan dan mangga?
Jawab:
Nama : …………..
No. absen :
…………
KUNCI
JAWABAN
1.
Lembar Kerja Siswa
·
LKS
1
Permintaan paling banyak adalah buah jeruk (Benar)
Permintaan paling sedikit adalah buah duku (Salah)
Permintaan buah kiwi sebanyak 20 kg (Salah)
Permintaan buah duku sebanyak 40 kg ( Benar)
·
LKS
2
Pekerjaan orang tua paling banyak adalah pedagang(Salah)
Pekerjaan orang tua paling sedikit adalah nelayan
(Betul)
Jumlah siswa yang orang tuanya pedagang ada 28 siswa
(Benar)
Jumlah siswa yang orang tuanya petani adalah 40 siswa
(Salah)
·
LKS
3
Jumlah produksi terbanyak pada tahun 2006 (Salah)
Jumlah produksi paling sedikit adalah tahun 2006
(Benar)
Jumlah produksi tahun 2007 adalah 100 unit (Benar)
Jumlah produksi tahun 2008 adalah 89 unit (Salah)
·
LKS
4
Produksi pada minggu pertama paling banyak (Salah)
Produksi terkecil pada minggu pertama (Benar)
Pada minggu kedua, dapat memproduksi 50 bungkus
(benar)
70 bungkus dapat diproduksi pada minggu ke 5 (Salah)
·
LKS
5
Jumlah siswa yang gemar basket dan bulu tangkis tidak
sama (Salah)
Siswa yang menyukai voli paling banyak diantara
olahraga lain (Benar)
Sepak bola memiliki peminat paling banyak (Salah)
25
rang
menyukai olahraga basket (Benar)
2.
Lembar Penilaian
1.
30 ton
2.
Apel, 32,4
ton
3.
Rambutan,
15,6 ton
4.
15,6 + 24
= 39,6
KRITERIA
PENILAIAN
·
Lembar Kerja Siswa
a.
Penilaian
Proses Diskusi
No.
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Kerja sama
|
a.
Sangat
bekerja sama
b.
Bekerja sama
c.
Cukup bekerja sama
d.
Kurang bekerja sama
e.
Tidak
bekerja sama
|
25
20
15
10
5
|
2.
|
Keaktifan
|
a.
Sangat
aktif
b.
Aktif
c.
Cukup aktif
d.
Kurang aktif
e. Tidak aktif
|
25
20
15
10
5
|
3.
|
Partisipasi
|
a. Sangat berpartisipasi
b. Berpartisipasi
c. Cukup berpartisipasi
d. Kurang berpartisipasi
e. Tidak
berpartisipasi
|
25
20
15
10
5
|
4
|
Keberanian bertanya
|
a. Sangat
berani
b. Berani
c. Cukup
berani
d. Kurang
berani
e. Tidak
berani
|
25
20
15
10
5
|
b.
Penilaian
Hasil diskusi
4 x 25 = 100
c.
Penilaian
Total
Proses + Hasil = (100+ 100):
2= 100
·
Lembar
Penilaian
1 soal benar nilainya 25,
jadi nilai maksimal:
4x 25 = 100
LEMBAR PENILAIAN HASIL
KELAS
VI SD N
02 NGIJO
No
|
Nama
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Nur Hidayati
|
|
|
2
|
Avian Demo Relanda
|
|
|
3
|
Dewata Praba Wassiso
|
|
|
4
|
Dian Wahyu P.
|
|
|
5
|
Irfan Dona M.
|
|
|
6
|
Oktavian Dwi S.
|
|
|
7
|
Revorty Diana R.
|
|
|
8
|
Ayu Wandira
|
|
|
9
|
Aprilia Susanti
|
|
|
10
|
Arlina Susanti
|
|
|
11
|
Ahmad Efendi
|
|
|
12
|
Bayu Mukti W.
|
|
|
13
|
Cindi Yulia A.S.
|
|
|
14
|
Diah R.S.
|
|
|
15
|
Dewi Sugiyarti
|
|
|
16
|
Febriyani D.
|
|
|
17
|
Isnayni Wahyu S.
|
|
|
18
|
Nindi Oktavia
|
|
|
19
|
Paulina Eka A.
|
|
|
20
|
Risma Ambarwati
|
|
|
21
|
Triyadi Cahyanto
|
|
|
22
|
Wulan Yuniarta
|
|
|
23
|
Hartini
|
|
|
24
|
Tutut Winarni
|
|
|
25
|
Devita Widayanti
|
|
|
26
|
Usma Kusuma W.
|
|
|
27
|
Annisa Al Fajri
|
|
|
28
|
Khoirun Nuur R.
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN
PROSES DISKUSI
KELAS
VI SD
NEGERI 02 NGIJO
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Ket
|
|||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
Keberanian
|
||||
1
|
Nur Hidayati
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Avian Demo Relanda
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Dewata Praba Wassiso
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Dian Wahyu P.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Irfan Dona M.
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Oktavian Dwi S.
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Revorty Diana R.
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ayu Wandira
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Aprilia Susanti
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Arlina Susanti
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Ahmad Efendi
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Bayu Mukti W.
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Cindi Yulia A.S.
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Diah R.S.
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Dewi Sugiyarti
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Febriyani D.
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Isnayni Wahyu S.
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Nindi Oktavia
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Paulina Eka A.
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Risma Ambarwati
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Triyadi Cahyanto
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Wulan Yuniarta
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Hartini
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Tutut Winarni
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Devita Widayanti
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Usma Kusuma W.
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Annisa Al Fajri
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Khoirun Nuur R.
|
|
|
|
|
|
|
ada referensi n g?? qlo ada krim ke email saya
BalasHapusmeymey146@yahoo.co.id