Rabu, 11 Januari 2012

RPP Bahasa Indo Kelas V CTL

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
MODEL PEMBELAJARAN CTL
 
Nama Sekolah             : SD Negeri ... .
Mapel/ Materi Pokok  : Bahasa Indonesia/ Menulis Karangan
Kelas/Semester            : V / 1
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari/Tanggal               : ... .


A. Standar Kompetensi:
Menulis:
4. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.

B. Kompetensi Dasar 
     4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
               
C. Indikator
·      Kognitif
a.    Produk  :
§  Menjelaskan pengertian karangan.
b.   Proses  :
§  Menyebutkan 3 pengalaman paling berkesan yang dialami.
·      Afektif
Menyusun kerangka karangan berdasarkan pengalaman tertentu.
·      Psikomotor
Menulis karangan berdasarkan pengalaman tertentu.

D. Tujuan Pembelajaran
a.    Melalui tanya jawab tentang pengalaman siswa, siswa dapat menyebutkan 3 pengalaman berkesan yang telah dialami.
b.   Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pengertian karangan dengan benar.
c.    Melalui permainan kartu kata, siswa dapat menentukan tema pengalaman yang akan di buat karangan dengan tepat.
d.   Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyusun kerangka karangan sesuai dengan tema yang diperoleh melalui kartu kata.
e.    Melalui penugasan, siswa dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman sesuai dengan kerangka karangan yang telah dibuat.


E. Dampak Pengiring
   Setelah pembelajaran tentang menulis karangan selesai, diharapkan siswa terampil menuangkan pengalamannya dalam bentuk tulisan dengan bahasa yang baik dan benar.

F. Materi Ajar  ( Materi Pokok )

Membuat Karangan

Tema                                : Peristiwa
Judul                                : Ban Sepedaku Bocor
Kerangka karangan          :
1.    Pepen dalam perjalanan pulang ke rumah (kalimat utama)
·       Pukul empat sore Pepen bermain.
·       Pepen mengayuh sepedanya.
·       Pepen naik sepeda sambil menyanyi.
2. Ban sepeda Pepen bocor
·      Pepen merasakan sepedanya bergoyang.
·      Pepen mencari tukang tambal ban.
3. Pepen menuntun sepedanya
·      Pepen bingung mencari tukang tambal ban.
·      Pepen akhirnya menemukan tukang tambal ban.
4. Pepen menambal ban sepedanya yang bocor.
·       Pepen menunggu dan mengamati sepedanya ditambal oleh tambal ban.
·       Pepen membayar tukang tambal ban.
5. Sepeda Pepen sudah dapat digunakan
·       Pepen pulang ke rumah.
·       Pepen menceritakan kepada orang tuanya.
Kemudian barulah menyusun karangan tersebut sesuai dengan kerangka yang telah dibuat.
    
G. Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran CTL
2.      Metode Pembelajaran 
a.    Ceramah bervariasi
b.   Diskusi kelompok
c.    Penugasan





H. Langkah-langkah Pembelajaran :
No.
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Belajar Mengajar
Nilai Karakter
1.
Kegiatan awal, ± 10 menit


Pendahuluan
a.       Guru mengkondisikan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.      Guru mengecek kesiapan siswa, media, dan kelengkapan belajar.
disiplin
Motivasi
Guru memberikan tes penjajagan kepada siswa
keberanian
Apersepsi
Bertanya jawab tentang pengalaman berkesan yang pernah dialami siswa.
jujur
kompetensi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
perhatian
2.
Kegiatan inti, ± 35 menit


Eksplorasi
1)      Siswa bersama guru mengkaitkan apersepsi dengan pembelajaran.
2)      Secara perwakilan, siswa menceritakan pengalaman mereka di depan kelas.
3)      Bertanya jawab tentang pengalaman yang diceritakan dalam bentuk tulisan.
4)      Menjelaskan pengertian dari karangan.
Keberanian, percaya diri, teliti
Elaborasi
1)      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa.
2)      Guru memanggil ketua kelompok untuk mengambil kartu kata yang telah disediakan di depan kelas.
3)      Masing- masing anggota mendapatkan kartu kata yang berbeda.
4)      Berdiskusi kelompok mengenai tema yang di dapat dalam kartu kata.
5)      Menyusun kerangka berfikir sesuai tema yang diperoleh.
6)      Menulis karangan sesuai dengan kerangka yang telah dibuat, tetapi secara individu.
7)      Mendiskusikan hasil karangan dengan kelompoknya.
Percaya diri, Keberanian, kerja sama, tanggung jawab, disiplin



Konfirmasi
1)      Guru memberi penghargaan di papan skor dan tepuk tangan kepada kelompok yang bekerjasama dengan baik.
2)      Guru memanggil secara acak perwakilan dari kelompok untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok lain memberi tanggapan
Percaya diri, disiplin, keberanian, toleransi, kerja sama

3.
Kegiatan akhir, ± 20 menit



Penutup
a.       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas.
b.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.
c.       Guru memberi kesempatan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d.      Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
e.       Guru memberikan pesan moral pada akhir pelajaran
Tanggung jawab, disiplin, keberanian, ketelitian, tenggang rasa, saling menghargai.

Tindak lanjut
Pemberian tugas


I. Buku Sumber dan Alat Peraga
·          Buku Sumber :
1.   KTSP
2.   Muharam, Aris, dkk. 2008. Senang Belajar Bahasa Indonesia 5 untuk SD/ MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan.
3.   Wiyono, Edy, dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SD dan Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan.

·          Alat Peraga:
1.      Kartu kata tema
2.      Papan skor



J. Penilaian
1.      Prosedur Tes   : proses dan akhir
2.      Jenis Tes          : lisan dan tertulis
3.      Teknik Tes       : Tes dan Non Tes ( Pengamatan)
4.      Bentuk Tes      : uraian
5.      Alat Tes           : LKS, soal, kunci jawaban, kriteria penilaian, kisi-kisi soal   







Mengetahui
Kepala Sekolah SDN ... .



   
NIP
Surakarta, ... .


Pratikan



       Iis Lestari
NIM X7110019


























LAMPIRAN




























Pengembangan Materi

Tema                                : Peristiwa
Judul                                : Ban Sepedaku Bocor
Kerangka karangan          :
1.    Pepen dalam perjalanan pulang ke rumah (kalimat utama)
·       Pukul empat sore Pepen bermain.
·       Pepen mengayuh sepedanya.
·       Pepen naik sepeda sambil menyanyi.
2. Ban sepeda Pepen bocor
·      Pepen merasakan sepedanya bergoyang.
·      Pepen mencari tukang tambal ban.
3. Pepen menuntun sepedanya
·      Pepen bingung mencari tukang tambal ban.
·      Pepen akhirnya menemukan tukang tambal ban.
4. Pepen menambal ban sepedanya yang bocor.
·       Pepen menunggu dan mengamati sepedanya ditambal oleh tambal ban.
·       Pepen membayar tukang tambal ban.
5. Sepeda Pepen sudah dapat digunakan
·       Pepen pulang ke rumah.
·       Pepen menceritakan kepada orang tuanya.
Kemudian barulah menyusun karangan tersebut sesuai dengan kerangka yang telah dibuat.
Ban Sepedaku Bocor

Pada pukul 4 sore pepen pergi bermain. Pepen pergi bermain sepedanya. Setelah puas bermain, Pepen mengayuh sepedanya untuk pulang. Pepen naik sepeda sambil bernyanyi.
Saat perjalanan pulang, tiba- tiba Pepen merasa sepedanya bergoyang. Pepen berhenti untuk melihat keadaan bannya. Ternyata ban sepeda Pepen bocor. Kemudian Pepen menuntun sepedanya untuk mencari tukang tambal ban.
Pepen terus menuntun sepedanya untuk mencari tukang tambal. Pepen bingung karena tidak menemukan penambal ban. Setelah beberapa menit menuntun sepedannya, Pepen akhirnya menemukan tukang tambal ban.
Pepen langsung menambalkan sepedannya. Pepen mengamati sepedannya di tambal. Setelah selesai ditambal, Pepen membayar uang untuk menambal ban sepedanya.
Sepeda Pepen sudah dapat digunakan kembali. Pepen menaiki sepedannya untuk pulang ke rumah. Sesampainnya dirumah, Pepen menceritakan peristiwa yang dialaminya kepada orang tuanya.


Alat Peraga

1.      Kartu Kata Tema











Rounded Rectangle: Pergi ke Grojokan Sewu
Rounded Rectangle: Pergi ke Parangtritis



Rounded Rectangle: Berlibur ke Jogjakarta




Rounded Rectangle: Membantu Ibu di Rumah
Rounded Rectangle: Membantu Ayah Berkebun
 



                                                        







Rounded Rectangle: Perjalanan Menuju ke Sekolah


Rounded Rectangle: Pergi ke Pasar Tawangmangu
 




2.      Papan Skor

PAPAN SKOR
Nama Kelompok
Skor
ANGGUR
MELON
RAMBUTAN
PEPAYA
MANGGIS









LEMBAR KERJA SISWA

Sekolah                 : SD Negeri ... .
Kelas/ semester    :  V/ I
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

I.       Tujuan
Siswa dapat menulis karangan sesuai dengan tema yang diperolehnya.
II.    Petunjuk
1.      Bentuk kelompok dengan anggota yang terdiri dari 4- 5 siswa.
2.      Ambil kartu kata tema di depan kelas
3.      Bagilah satu per satu untuk anggota kelompok.
4.      Diskusikan kerangka berfikir secara kelompok.
5.      Buat karangan sesuai yang didapat secara individu.
6.      Tulis hasilnya di lembar yang disediakan.
III. Lembar Hasil


Rounded Rectangle: Tema   :
Judul   :
Kerangka Berfikir :



Karangan  :
 
























      Paraf Guru: …..
KUNCI JAWABAN
Lembar Kerja Siswa



·     Sesuai tema dan pengalaman siswa



































KRITERIA PENILAIAN

1.      Penilaian Proses Diskusi

No.
Indikator
Deskriptor
Skor
1.




Kerja sama




a.       Sangat bekerja sama
b.      Bekerja sama
c.       Cukup  bekerja sama
d.       Kurang bekerja sama
e.       Tidak bekerja sama
25
20
15
10

5
2.




Keaktifan




a.       Sangat   aktif
b.      Aktif
c.       Cukup  aktif
d.      Kurang  aktif
e.       Tidak aktif
25
20
15
10
5
3.
Partisipasi
a.       Sangat   berpartisipasi
b.      Berpartisipasi
c.       Cukup  berpartisipasi
d.      Kurang  berpartisipasi
e.       Tidak berpartisipasi
25

20
15
10

5
4
Keberanian bertanya
a.    Sangat berani
b.    Berani
c.    Cukup berani
d.    Kurang berani
e.    Tidak berani
25
20
15
10
5

2.      Penilaian Hasil Karangan
No
Aspek yang Dinilai
Skor Maksimal
1
2
3
4
5
Isi sesuai dengan tema
Judul sesuai dengan tema
Struktur tata bahasa
Gaya pilihan struktur dan diksi
Ejaan dan tanda baca
30
25
20
15
10
Jumlah
100


LEMBAR PENILAIAN PROSES DISKUSI
                                                               SD NEGERI ...            
KELAS V
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
Keberanian
1
Ariska Diky P.





2
Dhimas Wijaya K.





3
Catur Budi S.





4
Deni Setyawan





5
Yulia Puspitasari S.





6
Andrian Dwi S.





7
Alvi Rahmadika





8
Farid Gurata A.





9
Fitri Handayani





10
Ipung Eli Prastiwi





11
Irmawati





12
Laili Fauziah





13
Lancar Wibowo





14
Laiin





15
Lutfi Erlina P.H.





16
Nisa Palupi





17
Rima Arum M.





18
Rosyid Eka P.





19
Rizangga Tri K.





20
Ainaya Al-Asri





21
Thalia Devi





22
Alvira Cindy P.





23
Kirana Sandy H.P.





24
Salma Ayu Azizah
























LEMBAR PENILAIAN HASIL
                                                               SD NEGERI ...            
KELAS V
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Isi
Judul
Struktur Tata Bahasa
Pilihan
Diksi
Ejaan dan Tanda Baca
1
Ariska Diky P.






2
Dhimas Wijaya K.






3
Catur Budi S.






4
Deni Setyawan






5
Yulia Puspitasari S.






6
Andrian Dwi S.






7
Alvi Rahmadika






8
Farid Gurata A.






9
Fitri Handayani






10
Ipung Eli Prastiwi






11
Irmawati






12
Laili Fauziah






13
Lancar Wibowo






14
Laiin






15
Lutfi Erlina P.H.






16
Nisa Palupi






17
Rima Arum M.






18
Rosyid Eka P.






19
Rizangga Tri K.






20
Ainaya Al-Asri






21
Thalia Devi






22
Alvira Cindy P.






23
Kirana Sandy H.P.






24
Salma Ayu Azizah








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar