Rabu, 11 Januari 2012

RPP PKn Kelas IV( Pemerintahan Kabupaten dan Kota) dengan NHT

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
MODEL PEMBELAJARAN NHT
 
Nama Sekolah             : SD Negeri 01 Karanglo
Mapel/ Materi Pokok  : PKn/ Pemerintahan Kabupaten dan Kota
Kelas/Semester            : IV / 1
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari/Tanggal               : Selasa, 7 Novemver 2011


A. Standar Kompetensi:
Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi.

B. Kompetensi Dasar 
     Mengenal lembaga- lembaga dalam pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi.
               
C. Indikator
·      Kognitif
a.    Produk  : Menjelaskan tugas masing-masing lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota.
b.   Proses    : Mengisi tabel tugas- tugas lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota.
·      Afektif
Menunjukkan nama lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota.
·      Psikomotor
Membuat struktur organisasi kabupaten dan kota.

D. Tujuan Pembelajaran
a.    Melalui penjelasan guru tentang  lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota, siswa dapat menyebutkan lembaga- lembaga yang ada dalam pemerintahan kabupaten dan kota dengan benar.
b.   Melalui media bagan lembaga pemerintahan kabupaten dan kota, siswa dapat menunjukkan nama lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota menggunakan kartu kata dengan benar.
c.    Melalui diskusi kelompok tentang lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota, siswa dapat mengisi tabel tugas- tugas lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota di LKS dengan tepat.
d.   Melalui penugasan LKS tentang lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota, siswa dapat menjelaskan tugas- tugas lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota dengan benar.
e.    Melalui penugasan, siswa dapat membuat struktur organisasi dalam pemerintahan kabupaten dan kota dengan benar.

E. Dampak Pengiring
   Setelah pembelajaran tentang pemerintahan kabupaten dan kota selesai, siswa diharapkan dapat mengetahui struktur dan tugas lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota di lingkungan mereka sehari- hari.

F. Materi Ajar  ( Materi Pokok )
Pengembangan Materi
Pemerintahan Kabupaten dan Kota

1.      Lembaga Pemerintahan Kabupaten dan Kota
Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah provinsi. Kabupaten merupakan gabungan dari beberapa kecamatan. Kabupaten disebut juga Daerah Tingkat II. Kabupaten dipimpin oleh seorang bupati yang dibantu oleh wakil bupati. Sedangkan pemerintahan kota dipimpin oleh wali kota yang dibantu oleh wakil wali kota.
Dalam pemerintahan kabupaten dan kota, terdapat lembaga- lembaga yang mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda, yaitu:
a.       Bupati dan Wakil Bupati,
Tugas :
1)      Memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.
2)      Mengajukan rancangan peraturan daerah (perda).
3)      Menetapkan peraturan daerah yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD.
4)      Menyusun dan mengajukan rancangan peraturan daerah tentang APBD kepada DPRD untuk dibahas dan ditetapkan bersama.
5)      Mengupayakan terlaksananya kewajiban daerah.
6)      Mewakili daerahnya di dalam dan di luar pengadilan, dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakili sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
7)      Melaksanakan tugas dan wewenang lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
b.      DPRD, memiliki fungsi legislasi (penyusunan peraturan daerah), anggaran, dan pengawasan.
c.       Perangkat daerah, terdiri atas sekretaris daerah (sekda), asisten daerah, kepala bagian, dan kepala subbagian.
d.      Muspida (musyawarah pimpinan daerah), yang terdiri:
1) Komandan kodim (komando distrik militer),
2) Kapolres (kepala kepolisian resort),
3) Kepala kejaksaan negeri, dan
4) Kepala pengadilan negeri.
e.   Lembaga pembantu tugas bupati/wali kota
 1) Dinas-dinas daerah, seperti kesehatan, pekerjaan umum, pendidikan, dll.
2) Lembaga teknis daerah seperti Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pengawas Daerah, Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil, dan lain-lain.
3) Kecamatan.
4) Desa/kelurahan

2.      Struktul Lembaga Pemerintahan Kabupaten dan Kota.
DPRD
·      Kodim
·      Polres
·      Kejaksaan negeri,
·      Pengadilan negeri
Bupati/ Wakil bupati
Wali Kota/ wakil Walikota
KOTA
Muspida
Lembaga Pembantu Tugas Bupati/ Walikota
Perangkat daerah
KABUPATEN
·      Dinas-dinas daerah,
·      Lembaga teknis daerah
·      Kecamatan.
·      Desa/kelurahan

·      sekretaris daerah (sekda),
·      asisten daerah,
·      kepala bagian,
·      kepala subbagian.























G. Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran Number Head Together
2.      Metode Pembelajaran 
a.    Ceramah bervariasi
b.   Diskusi kelompok
c.    Penugasan

H. Langkah-langkah pembelajaran :
No.
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Belajar Mengajar
Nilai Karakter
1.
Kegiatan awal, ± 10 menit


Pendahuluan
a.       Guru mengkondisikan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.      Guru mengecek kesiapan siswa, media, dan kelengkapan belajar.
disiplin
Motivasi
Guru memberikan tes penjajagan kepada siswa
keberanian
Apersepsi
Menyanyikan lagu “ Kabupatenku”.

keberanian
kompetensi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
perhatian
2.
Kegiatan inti, ± 35 menit


Eksplorasi
1)      Siswa bersama guru mengkaitkan apersepsi dengan pembelajaran.
2)      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang lembaga pemerintahan kabupaten dan kota.
3)      Siswa mengamati media bagan yang disediakan guru
Keberanian, percaya diri, teliti
Elaborasi
1)      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari 5-6 orang siswa.
2)      Guru membagikan nomer 1- 6 kepada masing- masing kelompok.
3)      Siswa berdiskusi untuk menyebutkan lembaga yang ada dalam pemerintahan kabupaten dan kota.
4)      Siswa memadukan jawaban dengan kelompokmya.
5)      Guru memanggil salah satu nomer dari masing- masing kelompok untuk menjawab pertanyaan.
6)      Siswa berdiskusi tentang nama lembaga yang hilang, dan menunjukkan nama lembaga tersebut.
7)      Siswa memadukan jawaban dengan kelompoknya.
8)      Guru memanggil satu nomer anggota kelompok, untuk menjawab pertanyaan secara individu.
9)      Siswa berdiskusi dengan mengisi LKS.
10)  Guru membimbing dan mengarahkan siswa berdiskusi tentang tugas lembaga kabupaten dan kota.
11)  Siswa memadukan jawabab dengan kelompoknya.
12)  Secara bergantian guru memanggil satu nomer yang sama dari masing- masing kelompok untuk menjawab pertanyaan di depan kelas.ma lembaga yang hilang di dalam bagan menggunakan kartu kata yang disediakan.
Percaya diri, Keberanian, kerja sama, tanggung jawab, disiplin



Konfirmasi
1)      Guru memberi penghargaan dan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah selesai terlebih dahulu
2)      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok lain memberi tanggapan
3)      Guru memberikan skor di papan skor bagi kelompok yang menjawab benar.
4)      Siswa menanggapi hasil diskusi kelompok lain.
5)      Guru memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju.
6)      Guru bersama siswa bertanya jawab tentang kesalahan pemahaman tiap materi, dan  memberikan penguatan
7)      Guru dan siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
Percaya diri, disiplin, keberanian, toleransi, kerja sama

3.
Kegiatan akhir, ± 20 menit



Penutup
a.       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas.
b.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.
c.       Guru memberi kesempatan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d.      Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
e.       Guru memberikan pesan moral pada akhir pelajaran
Tanggung jawab, disiplin, keberanian, ketelitian, tenggang rasa, saling menghargai.

Tindak lanjut
a. Kegiatan remidi dilaksanakan apabila nilai siswa kurang dari KKM
b. Kegiatan pengayaan dilaksanakan apabila nilai siswa lebih dari KKM


I. Buku Sumber dan Alat Peraga
·         Buku Sumber :
1.   Sadiman, Sri. dkk. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: BSE. ( Halaman 35- 43).
2.   Sarjan, dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Bangga Menjadi Insan Pancasila untuk SD/ MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan. ( Halaman 35- 45).
3.   Kartika Dewi, Resi, dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan 4 Untuk SD/ MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan. ( Halaman 14- 28).
·         Alat Peraga:
1. Lagu “ Kabupatenku”
2. Gambar bagan lembaga pemerintahan kabupaten dan kota.
3. Kartu kata nama lembaga pemerintahan kabupaten dan kota.
4. Papan Skor

J. Penilaian
1.      Prosedur Tes   :  proses dan akhir
2.      Jenis Tes          : lisan dan tertulis
3.      Teknik Tes       : Tes dan Non Tes ( Pengamatan)
4.      Bentuk Tes      : uraian
5.      Alat Tes           : LKS, soal, kunci jawaban, kriteria penilaian, kisi-kisi soal   







Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 02 Ngijo



    Elkana Margito, S.Pd
NIP 19550224 197501 1 002
Surakarta, 7 November 2011


Pratikan



       Iis Lestari
NIM X7110019













LAMPIRAN






















Pengembangan Materi

Pemerintahan Kabupaten dan Kota

1.      Lembaga Pemerintahan Kabupaten dan Kota
Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah provinsi. Kabupaten merupakan gabungan dari beberapa kecamatan. Kabupaten disebut juga Daerah Tingkat II. Kabupaten dipimpin oleh seorang bupati yang dibantu oleh wakil bupati. Sedangkan pemerintahan kota dipimpin oleh wali kota yang dibantu oleh wakil wali kota.
Dalam pemerintahan kabupaten dan kota, terdapat lembaga- lembaga yang mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda, yaitu:
a.    Bupati dan Wakil Bupati,
Tugas :
1)      Memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.
2)      Mengajukan rancangan peraturan daerah (perda).
3)      Menetapkan peraturan daerah yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD.
4)      Menyusun dan mengajukan rancangan peraturan daerah tentang APBD kepada DPRD untuk dibahas dan ditetapkan bersama.
5)      Mengupayakan terlaksananya kewajiban daerah.
6)      Mewakili daerahnya di dalam dan di luar pengadilan, dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakili sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
7)      Melaksanakan tugas dan wewenang lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
b.      DPRD, memiliki fungsi legislasi (penyusunan peraturan daerah), anggaran, dan pengawasan.
c.       Perangkat daerah, terdiri atas sekretaris daerah (sekda), asisten daerah, kepala bagian, dan kepala subbagian.
d.      Muspida (musyawarah pimpinan daerah), yang terdiri:
1) Komandan kodim (komando distrik militer), untuk pertahanan
2) Kapolres (kepala kepolisian resort), untuk ketenteraman
3) Kepala kejaksaan negeri, dan
4) Kepala pengadilan negeri.
e.   Lembaga pembantu tugas bupati/wali kota
 1) Dinas-dinas daerah, seperti kesehatan, pekerjaan umum, pendidikan, dll.
2) Lembaga teknis daerah seperti Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pengawas Daerah, Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil, dan lain-lain.
3) Kecamatan.
4) Desa/kelurahan

2.      Struktul Lembaga Pemerintahan Kabupaten dan Kota.
DPRD
·      Kodim
·      Polres
·      Kejaksaan negeri,
·      Pengadilan negeri
Bupati/ Wakil bupati
Wali Kota/ wakil Walikota
KOTA
Muspida
Lembaga Pembantu Tugas Bupati/ Walikota
Perangkat daerah
KABUPATEN
·      Dinas-dinas daerah,
·      Lembaga teknis daerah
·      Kecamatan.
·      Desa/kelurahan

·      sekretaris daerah (sekda),
·      asisten daerah,
·      kepala bagian,
·      kepala subbagian.




































Alat Peraga

1.      Syair Lagu Kabupatenku versi lagu Becak
Kabupatenku
Mari kawan semua, Kita mulai belajar
Lembaga pemerintahan, kabupaten dan kota
Bupati, walikota, DPRD muspida
Perangkat daerah lembaga pembantu









2.      Gambar  Bagan Pemerintahan Kabupaten dan Kota

DPRD
·      Kodim
·      Polres
·      Kejaksaan negeri,
·      Pengadilan negeri
Bupati/ Wakil bupati
Wali Kota/ wakil Walikota
Muspida
Kabupaten
Kota
Lembaga Pembantu Tugas Bupati/ Walikota
Perangkat daerah
·      Dinas-dinas daerah,
·      Lembaga teknis daerah
·      Kecamatan.
·      Desa/kelurahan

·      sekretaris daerah (sekda),
·      asisten daerah,
·      kepala bagian,
·      kepala subbagian.





























3.      Media kartu kata nama lembaga pemerintahan kabupaten dan kota.

·      Kodim

Muspida

Kota




·      Kecamatan.

Bupati/ Wakil bupati

Perangkat daerah


       
                           

4.      Papan Skor

PAPAN SKOR
Nama Kelompok
Skor
ANGGUR
MELON
RAMBUTAN

PEPAYA
MANGGIS










LEMBAR KERJA SISWA

Sekolah                 : SD Negeri 01 Karanglo
Kelas/ semester    :  IV/ I
Mata Pelajaran    :  PKn

I.       Tujuan
Siswa dapat mengetahui tugas dari lembaga pemerintahan kabupaten dan kota.

II.    Petunjuk
1.      Berdiskusilah dengan kelompokmu yang anggotanya terdiri dari 5- 6 siswa.
2.      Bacalah petunjuk- petunjuk yang ada pada setiap soal.
3.      Jawablah pertanyaan di lembar yang sudah disediakan.

III. Lembar Hasil Diskusi

No
Nama  Lembaga
Tugas
1
Bupati/ walikota


2
Wakil bupati atau wakil walikota


3
Kodim


4
DPRD


5
Polres



Nama Kelompok:
1.      …………….
2.      …………….
3.      …………….
4.      ……………..
5.      ……………..
6.      ……………..


      Paraf Guru: …..

LEMBAR PENILAIAN
Sekolah                          : SDN 02 Ngijo
Mata Pelajaran               : PKn
Kelas/ Semester              : IV/ I

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar!Gar
1.      Sebutkan empat nama lembaga dalam pemerintahan kabupaten dan kota yang kamu ketahui!
Jawab:

2.      Jelaskan perbedaan tugas dari bupati dan wakil bupati!
Jawab:

3.                                                                    
·      DPRD
·      DPR
·      Perangkat Daerah
·      Muspida
·      MPR

         Dari tabel disamping tunjukkan lembaga yang ada di dalam                       pemerintahan kabupaten dan kota!
                              Jawab:                                





4.      Gambarkan struktur pemerintahan kabupaten dan kota yang kalian ketahui!
Jawab:







          Nama                 : …………..
                                                            No. absen          : …………







KUNCI JAWABAN

·     Lembar Kerja Siswa

1. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah.
2. Membantu tugas bupati/ walikota
3. Mempertahankan keutuhan wilayah kabupaten/ kota.
4. fungsi legislasi (penyusunan peraturan daerah), anggaran, dan pengawasan.
5.Menjaga keamanan, ketentraman dan kenyamanan masyarakat.

·     Lembar Penilaian
1.      Perangkat Daerah, DPRD, Muspida, dan lembaga pembantu tugas bupati/ walikota.
2.      Bupati memimpin pembagian wilayah yang disebut kabupaten, sedangkan walikota memimpin pembagian wilayah yang disebut kota.
3.      DPRD, perangkat Daerah, Muspida
4.       
DPRD
·      Kodim
·      Polres
·      Kejaksaan negeri,
·      Pengadilan negeri
Bupati/ Wakil bupati
Wali Kota/ wakil Walikota
Muspida
Kabupaten
Kota
Lembaga Pembantu Tugas Bupati/ Walikota
Perangkat daerah
·      Dinas-dinas daerah,
·      Lembaga teknis daerah
·      Kecamatan.
·      Desa/kelurahan

·      sekretaris daerah (sekda),
·      asisten daerah,
·      kepala bagian,
·      kepala subbagian.


























KRITERIA PENILAIAN

·         Lembar Kerja Siswa
a.       Penilaian Proses Diskusi
No.
Indikator
Deskriptor
Skor
1.




Kerja sama




a.       Sangat bekerja sama
b.       Bekerja sama
c.        Cukup  bekerja sama
d.       Kurang bekerja sama
e.       Tidak bekerja sama
5
4
3
2
1
2.




Keaktifan




a.       Sangat   aktif
b.       Aktif
c.        Cukup  aktif
d.      Kurang  aktif
e.       Tidak aktif
5
4
3
2
1
3.
Partisipasi
a.       Sangat   berpartisipasi
b.       Berpartisipasi
c.        Cukup  berpartisipasi
d.      Kurang  berpartisipasi
e.       Tidak berpartisipasi
5
4
3
2
1
b.      Kriteria Penilaian Membuat Bagan Pemerintahan Kabupaten dan Kota
No
Indikator
Deskriptor
Skor
1




Kesesuaian




a. sangat sesuai
b. sesuai
c. cukup sesuai
d. kurang sesuai
e. tidak sesuai
5
4
3
2
1

2.

Kerapian





a. denah sangat rapi
b. denah rapi
c. denah cukup rapi
d. denah kurang rapi
e. denah tidak rapi

5
4
3
2
1
·         Penilaian Hasil
1 soal benar nilainya 5, jadi nilai maksimal: (4 x 5) x 5 = 100


LEMBAR PENILAIAN HASIL
SD N 02 NGIJO
KELAS IV
No
Nama
Nilai
Keterangan

1
Guntur Dwi P


2
Anggun K


3
Kukuh W


4
Maulana P W


5
Ahmad Zubaidi


6
Fitriana Dwi R


7
Soeileman


8
Aprilia Dwi S


9
Dinda C


10
Dwi Prasetyo


11
Dicky Dwi P


12
Dewi M


13
Eka Lidia Sari


14
Fadylla Ayu W


15
Indah Putri A


16
Lena Mardiana


17
Leni Mardiani


18
Lely Reza M


19
Miftakul J


20
maudy F


21
Oktaviani Eka


22
Putri R


23
Reyhani Eka S


24
Radhea Novia


25
Toni Gunawan


26
 Zaky M U


27
Eystri Nuri M










LEMBAR PENILAIAN PROSES DISKUSI
SD NEGERI 01 KARANGLO
KELAS IV
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Ket
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
1
Guntur Dwi P





2
Anggun K





3
Kukuh W





4
Maulana P W





5
Ahmad Zubaidi





6
Fitriana Dwi R





7
Soeileman





8
Aprilia Dwi S





9
Dinda C





10
Dwi Prasetyo





11
Dicky Dwi P





12
Dewi M





13
Eka Lidia Sari





14
Fadylla Ayu W





15
Indah Putri A





16
Lena Mardiana





17
Leni Mardiani





18
Lely Reza M





19
Miftakul J





20
maudy F





21
Oktaviani Eka





22
Putri R





23
Reyhani Eka S





24
Radhea Novia





25
Toni Gunawan





26
 Zaky M U





27
Eystri Nuri M











LEMBAR PENILAIAN PEMBUATAN BAGAN
SD NEGERI 01 KARANGLO
KELAS IV
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor total
Keterangan
Kesesuaian
Kerapian
1
Guntur Dwi P




2
Anggun K




3
Kukuh W




4
Maulana P W




5
Ahmad Zubaidi




6
Fitriana Dwi R




7
Soeileman




8
Aprilia Dwi S




9
Dinda C




10
Dwi Prasetyo




11
Dicky Dwi P




12
Dewi M




13
Eka Lidia Sari




14
Fadylla Ayu W




15
Indah Putri A




16
Lena Mardiana




17
Leni Mardiani




18
Lely Reza M




19
Miftakul J




20
maudy F




21
Oktaviani Eka




22
Putri R




23
Reyhani Eka S




24
Radhea Novia




25
Toni Gunawan




26
 Zaky M U




27
Eystri Nuri M




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar